Home > General > Cerita Tentang Memesan Tiket Kereta Api Secara Online

Cerita Tentang Memesan Tiket Kereta Api Secara Online

Halo! (Manggil siapa ya? Yakin banget kalau blog ini masih ada pembacanya :D)

Sudah lama ga nulis di blog ini. Ada banyak cerita yang sudah dilalui tanpa sekalipun ditulis di blog ini. Jadi, mari kita mulai dengan menulis lagi. Kedepan saya berencana mengaktifkan lagi blog ini dengan postingan yang bertema tutorial, teknologi, jalan-jalan, photography dan lain-lain.

Sudah-sudah, cukup basa basinya. Kali ini saya akan berbagi tentang Tata Cara Pemesanan Tiket Kereta Api Secara Online.

Awal bulan lalu saya harus melakukan perjalanan menuju Jakarta dan dilanjutkan menuju Labuan Pandeglang karena harus menghadiri acara resepsi pernikahan sepupu. Berhubung adanya acara tersebut, saya jauh-jauh hari sudah membuat rencana perjalanan, yaitu perjalanan Jogja-Jakarta dan Jakarta-Labuan.

Untuk perjalanan dari Jakarta-Labuan sudah jelas, saya nebeng adik yang bawa mobil dari Jakarta. Nah untuk perjalanan Jogja-Jakarta, ada empat moda transportasi yang bisa saya pilih. Pertama, ikut rombongan keluarga menggunakan mobil, kedua naik Bis, naik pesawat dan terakhir naik kereta. Dari semua alternatif tersebut saya memilih naik kereta api. Kenapa? Karena saya mau mencoba menggunakan kereta eksekutif ke Jakarta :D.

Proses pemesanan tiket kereta api jaman sekarang sudah sangat mudah dan canggih. Ada banyak situs online yang menyediakan jasa pembelian tiket kereta api dengan mudah dan tanpa antri. Kemudahan memesan tiket kereta api sudah sama dengan kemudahan memesan tiket pesawat terbang. Kita tidak perlu antri berjam-jam di loket-loket pembelian tiket di stasiun. Hanya perlu duduk di depan komputer maupun dimana saja asalkan ada handphone yang terhubung dengan internet. Pembelian tiket secara konvensional perlahan-lahan akan turun drastis, kecuali pembelian tiket go-show :D.

Kalau saya lihat, walaupun pembelian tiket secara online ini sudah sangat marak, tetapi masih ada sebagian orang yang belum paham dengan tata-cara melakukan transaksi. Mungkin langkah-langkah berikut ini dapat sedikit membantu Anda yang ingin membeli tiket kereta secara mudah dan aman secara online.

1. Buka situs Online Booking Tiket Kereta Api
Ada banyak situs yang menawarkan jasa untuk online booking tiket. Situs yang resmi milik dari PT Kereta Api Indonesia adalah https://tiket.kereta-api.co.id/. Kadang kala kita kesusahan untuk mengakses situs resmi tersebut, tetapi ga usah khawatir, Anda dapat membuka situs booking tiket online yang sudah dipercaya lainnya, seperti Traveloka. Di situs tersebut, Anda dapat juga memesan tiket kereta api dengan melihat jadwal keberangkatan, stasiun asal, stasiun tujuan dan tentunya berapa tiket yang mau dipesan.
Langkah ini harus benar-benar diperhatikan, karena saya kemarin ketemu orang luar kota yang dipesankan tiket oleh temannya, ternyata tanggal keberangkatannya sehari dari seharusnya. Alhasil, beliau harus mengubah jadwal keberangkatan untuk hari itu dengan membayar selisih harga tiket. Untungnya masih ada tiket tersisa.

2. Check Harga Tiket Kereta Api
Langkah selanjutnya setelah menentukan hari/jam dan tujuan keberangkatan adalah memilih harga tiket :). Karena menyangkut urusan finansial, tentunya Anda harus berhati-hati. Dalam situs pembelian online tersebut nanti akan diberikan daftar pilihan harga tiket sesuai dengan kelas, dari Ekonomi, Bisnis maupun Eksekutif. Silahkan dipilih sesuai dengan budget Anda. Sebelum ke tahap selanjutnya, pastikan anda mengkonfirmasi apakah data yang diisi sudah benar atau belum.

3. Isi Data Calon Penumpang
Langkah ketika adalah langkah yang krusial, jadi harus dilakukan dengan teliti, misalnya salah nama dapat berakhir dengan pembatalan keberangkatan karena Anda tidak boleh masuk ke Peron. Isilah data-data yang diminta dengan seksama.
Data kartu identitas KTP/SIM/Paspor. Untuk anak-anak yg berusia 3 tahun keatas dan belum mempunyai kartu identitas seperti Kartu Identitas Anak, Anda dapat mengisikan dengan NIK yang ada di Kartu Keluarga. Pastikan Anda memerika kembali semua data-data yang diisikan sebelum menuju tahap selanjutnya. Jangan lupa untuk memasukkan alamat email Anda dengan benar. Alamat email ini akan berguna untuk menerima kode pembayaran jika semua proses sudah selesai.

4. Proses Pembayaran
Ada banyak metode pembayaran yang dapat digunakan untuk membayar tiket yang kita pesan. Silahkan pilih metode pembayaran yang sesuai dengan Anda. Anda dapat memilih menggunakan e-banking(E Pay BRI, BCA Klik Pay, Mandiri Click Pay, dll), selain itu dapat juga menggunakan ATM. Opsi lain adalah melalui metode transfer, maupun membayar di beberapa rekanan PT KAI, misalnya di minimarket yang dekat dengan rumah anda maupun melalui POS Indonesia. Setelah memilih metode pembayaran, Anda akan memperoleh kode pembayaran dan batas waktu pembayaran. Kalau lewat dari batas waktu, otomatis tiket Anda hangus.

5. Bayar Secepatnya
Setelah mendapatkan kode pembayaran, sebaiknya Anda langsung saja melunasi. Karena setelah batas waktu yang ditentukan habis, maka tiket tersebut dianggap hangus. Bisa jadi kursi kosong di tiket yang hangus tadi diambil oleh penumpang lain. Setelah semua proses pembayaran selesai, maka Anda akan mendapatkan kode booking lewat e-mail. Simpan baik-baik kode booking tersebut. Kalau takut hilang, Anda dapat mencatat ditempat lain ataupun di print-screen.

6. Dapatkan TIket Kereta Api di Stasiun
Setelah semua tahapan diatas dilakukan maka tahap terakhir adalah mendapatkan tiket kereta api tersebut dengan mencetaknya. Anda dapat menukarkan tiket di loket maupun di mesin Cetak Tiket Mandiri (CTM). Menggunakan CTM cukup mudah, tetapi masih banyak orang yang belum terbiasa. Cara termudah adalah menunjukkan barcode didepan barcode scanner. Cara lainnya adalah dengan mengetikkan kode booking pada layar sentuh untuk kemudian di tekan tombol cetak.

Dari semua tahapan tersebut, sepertinya tidak begitu rumit khan? Memang dibutuhkan kebiasaan agar semua menjadi mudah. Jika sudah terbiasa, saya rasa Anda akan lebih memilih untuk pesan tiket secara online daripada cara-cara konvensional. Selain efisien, kadang-kadang beberapa situs pemesanan tiket kereta api online memberikan diskon untuk tujuan tertentu.

Next artikel saya sepertinya akan menulis tentang lanjutan artikel ini, yaitu perjalanan ke Jakarta untuk mengunjungi Monas maupun pengalaman menginap di Pantai Carita :). Jadi ditunggu aja postingan selanjutnya.

You may also like
Jadwal Kereta Api Banyubiru, Jogja-Semarang
Jadwal baru Pramek Kutoarjo-Jogja-Solo
Photoblog: Edisi Ramadhan
Photoblog: After the Sunset @ Mengening Beach

1 Response

Leave a Reply