Home > Instalasi > Konfigurasi 3rd party URL di blogger.com

Konfigurasi 3rd party URL di blogger.com

Langsung saja, tutorial berikut ini adalah cara mengkonfigurasi blog kita yang ada di blogger.com (blogspot.com) agar dapat menggunakan domain kita sendiri bukan namablog.blogspot.com lagi.

Daftar blog kita di Blogger.com

Tentu saja kita harus mempunyai blog terlebih dahulu di blogger.com/blogspot.com. Bagaimana cara daftar blog-nya? Saya rasa Anda pasti bisa. Kalau merasa kesulitan, silahkan googling saja dengan keyword ‘cara daftar blogger‘.

Daftar domain

Harga domain bervariasi, dari yang jutaan sampai gratis. Kalau untuk domain gratis bisa mendaftar domain dot.TK. Sedangkan dalam artikel ini saya menggunakan domain dot.XYZ. Kebetulan domain dot.XYZ sedang promo di namecheap.com. Domain yang akan digunakan untuk setup ini adalah vcast.xyz. Saya tiba-tiba aja membeli domain ini. Saya berharap domain ini nanti akan digunakan untuk share videocast / screencast. Tetapi entah kapan cita-cita itu akan terwujud :).

Menambahkan Domain ke blogger

Setelah blog sudah dibuat dan domain sudah didapatkan, sekarang saatnya menyambungkannya. Pertama masuk ke menu pengaturan: Settings –> Basic. Pada bagian Publishing, pilih Setup a 3rd party URL for your blog.

Pada Blog Address kita isikan www.vcast.com. Blogger tidak menerima isian vcast.com. Setelah itu pilih Save.

Error! ternyata kita masih harus melakukan konfigurasi pada domain kita terlebih dahulu. Yaitu menambahkan 2 entri CNAME pada DNS. Bagaimana caranya? Tenang, tidak sulit kok. Kita harus menbuka control panel untuk domain kita. Cara untuk menambahkan CNAME tersebut berbeda-beda tergantung provider dari domain tersebut. Dalam tutorial ini saya akan menunjukkan khusus untuk namecheap.com.

Pada namecheap.com kita harus login terlebih dahulu. Pada halaman my account, dibagian Number of domains in your account kita pilih View. Dari tampilan daftar domain yang kita miliki, pilih domain yang kita kehendaki. Dari sisi kiri (sidebar), kita pilih All host records. Kita masukkan 2 entri CNAME pada halaman ini (silahkan lihat gambar).

Kalau sudah menambahkan CNAME tersebut, sekarang saatnya menunggu propagasi DNS. Cepat atau lambat proses propagasi tergantung konfigurasi pada gambar diatas. Saya mengatur agar bisa terupdate dalam 300 detik (5 menit). Tetapi tidak semua control panel menerima angka tersebut. Kebanyakan jauh lebih besar.

Setelah proses propagasi selesai, maka kita kembali ke setting di blogspot.com. Kita Save ulang proses menambahkan domain.

Done. Domain dan blog sudah selesai dikonfigurasi. Akses selanjutnya menjadi www.vcast.com, tidak perlu lagi mengakses melalui namablog.blogspot.com

You may also like
Upgrade WP 2.3.2 to 2.5 to 2.5.1

3 Responses

Leave a Reply