Home > Review > Menambahkan fitur USB dan Bluetooth pada Active Speaker Jadul

Menambahkan fitur USB dan Bluetooth pada Active Speaker Jadul

Anda punya active speaker dirumah? Kalau tidak punya, apakah anda mempunyai Home theater? Nah, kalau ada, Apakah sudah mendukung memainkan musik melalui USB/SD Card/Bluetooth? Kalau belum, silahkan lanjutkan menbaca artikel ini, kalau sudah, Anda boleh melewatinya :D.

Langsung saja, untuk menambahkan fitur USB, dan bluetooth dibutuhkan sebuah alat/dongle tambahan. Dalam hal ini saya menggunakan Sonicblue Gateway dari Sonicgear. Alat ini mempunya input berupa USB, SC Card dan Bluetooth. Karen alat ini tidak mempunyai baterai internal, maka dibutuhkan power dari luar yang harus ditancapkan ke dalam DC-In 5v yg berbentuk USB juga (Power adaptor disertakan).

Terdapat dua mode, pertama USB/SD Card dan yang kedua mode bluetooth. Ketika menggunakan mode pertama, tombol play/stop, Next dan Prev dapat digunakan. Tetapi sebaliknya ketika menggunakan mode kedua, fungsi-fungsi tersebut hanya dapat dikendalikan dari sumber-nya. Line-out dari dongle ini hanya satu, yaitu port 3.5mm.

Menyambungkan Bluetooth Device

Fungsi bluetooth dapat berfungsi ketika dongle tersebut sudah dikoneksikan dengan device lain yang mendukung bluetooth juga, misalnya: Handphone, PC, dan Tablet. Untuk menyambungkan (pairing) dongle ke device tersebut, langkahnya cukup mudah. Pertama dari dongle harus berada pada mode bluetooth. Setelah itu, dongle akan berada dalam mode pairing dengan nama SonicGear Gate. Bluetooth juga harus dinyalakan pada device yang akan disambungkan, cari SonicGear Gate. Langkah selanjutnya adalah pairing dengan memilihnya.

Langkah terakhir, bukalah mp3 player, atau yang lain. Kemudian mainkan, maka suara pada device tersebut akan terdengar pada Active Speaker kita.

Selamat mencoba dan menikmati 🙂

You may also like
[Video] Unboxing Movistar Alpha ASL 26555 ADSL/3G Wireless Router
Cara Memasang Temper Glass di Smartphone
Unboxing Axioo Windroid 9G
Review Asus Padfone S (PF500KL)

7 Responses

  1. obenk

    kalo saia justru mau sebalik nya…

    pengen nonton tv tapi dengernya pake wireless / bluetooth headset..
    caranya gimana yaa..?

    oiyaa… tv saia sudah terhubung dengan sound system / home theater..

    adakah alat untuk output sound dari speaker via bluetooth.. biar bisa ditangkap oleh bluetooth headset saia..

    trima kasih…

  2. Kalau semua udh di lakukan dan tidak bisa pairing juga bagai mana ya gan…
    Soal nya USB bluetooth nya pas mau di pairing lambang nya HP bukan lambang hedset…
    Dan pas mau di pairing tidak dapat menghubungkan bacaan nya gtu… mohon pencerahan nya gan…. thx

  3. Hello,I check your blog named “Menambahkan fitur USB dan Bluetooth pada Active Speaker Jadul – PITURUH.COM – BLOG TUKANG OPREK DAN LAIN SEBAGAINYA” daily.Your humoristic style is awesome, keep it up! And you can look our website about fast proxy list.

  4. Setiadi

    Gan.. kalau mic bluetooth Q7 yang lagi trend sekarang bisa disambungin ke dvd player / home theatre gak? Ane dah coba dirumah, tapi suaranya cuma keluar dari mic nya aja.. maunya juga bisa keluar ke home theatre nya.. kayak mic2 pada umumnya.. bales ya gan…

Leave a Reply