Home > DIY > Bean Bag Chair

Bean Bag Ungu

Bean bag chair adalah semacam kursi yang dibuat menyerupai bola/kota dan berisi butiran styrofoam. Kita dapat membuat posisi sesuka kita menggunakan bean bag ini. Itu karena bean bag dibuat dari material yg fleksibel.

Ide pembuatan bean bag ini sebenarnya sudah dari tahun 2013 awal. Ketika itu ditempat saya bekerja ada bean bag dan sangat enak digunakan untuk bersantai.

Awal bulan ini, saya berselancar di dunia maya untuk mencari penjual bean bags ini. Ternyata, saya mendapatkan kenyataan bahwa harga bean bags yang ditawarkan terlalu tinggi. Sebuah bean bag mini dihargai sekitar 450 ribu dan yg ukuran besar mulai dari 600 ribu. Melihat kenyataan tersebut maka saya berniat untuk membuat bean bags sendiri.

Usaha #1

Saya datang ke toko khusus yang menjual styrofoam butiran, dan bahan dengan jenis oscar untuk pembungkusnya. Setibanya di toko tersebut saya langsung datang ke outlet untuk membeli pembungkusnya. Ketika ditanya petugas “mau beli berapa meter mas?” Dan saya bingung. Akhirnya pulang saja.

Usaha #2

Setelah browsing dan tanya sana sini, Saya mendapatkan kesimpulan bahwa dibutuhkan 2 meter bahan untuk menampung sekitar 1 kg styrofoam butiran. Datanglah saya ke toko tersebut dan memesan bahan oscar dengan warna ungu sebanyak 4 meter (karena saya berencana membuat 2 buah). Setelah mendapatkan 4 meter bahan pembungkus, saya ke counter yang menjual styrofoam. Petugas counter tersebut menyatakan bahwa styrofoam butiran habis dan belum tahu kapan akan re-stock. Lemes deh. Usaha kedua gagal. Saya pulang tanpa membayar 4 meter bahan oscar yang sudah saya pesan.

Usaha #3

Bean Bag Merah

Dikarenakan sudah 2 kali gagal, semangat agak berkurang untuk membuat sendiri. Saya sudah mulai melirik untuk membeli barang jadinya saja (walaupun harganya cukup mahal). Tetapi entah kenapa disuatu pagi setelah seminggu dari usaha #2 saya menelepon toko tersebut untuk menanyakan stok styrofoam butiran, dan ternyata sudah ada. Besoknya saya datang kesana membeli 2 meter bahan oscar warna merah, 2 meter bahan oscar warna ungu, 2 kg styrofoam butiran dan 3 meter zipper. Alhamdulillah, semua ada dan totalnya adalah 297 ribu rupiah. Harga tersebut cukup membuat saya tersenyum karena hanya 50% dari harga 1 bean bag dan saya akan mendapatkan 2 bean bags.

Setelah mendapatkan semua bahan, sekarang saatnya untuk menjahit pembungkusnya. Datang ke tukang jahit biasa, ditolak. Katanya mesin jahitnya tidak bisa untuk menjahit bahan tebal. Mereka memberikan saran untuk menjahitnya di tukang reparasi tas. Okay, langsung saya datang ke tukang reparasi tas untuk meminta dijahitkan sesuai dengan pola yang saya tentukan (seperti pola pada karung beras dimana satu sisi bawah ditambahkan zipper).  Ongkos jahitnya menurut saya agak mahal, untuk jenis seperti ini 45 ribu untuk satu kantong, jadi totalnya 90 ribu. Masalah belum selesai, jahitan harus ditinggal dan baru bisa diambil 4 jam setelahnya.

Saat mengambil jahitan, saya mendapatkan kios tempat saya menjahit tutup dan tidak ada nomer telepon di nota yang diberikan kepada saya. Setelah tanya sana-sini, saya akhirnya mendapatnya kontak dari kios dan akan ada orang yang datang untuk menyerahkan jahitan saya.

Sesampai dirumah, saya dan Wawa langsung beraksi mengisi kantong dengan styrofoam. Pengisian ini cukup mudah tetapi harus hati-hati agar styrofoam tidak tumpah. Setelah itu, saatnya mencoba hasil karya sendiri.

Bagi saya, hasil prakarya kali ini cukup memuaskan :). Memuaskan dari segi uang (bisa ngirit :D) dan juga memuaskan dari segi hasil yang didapat :).

Nantikan posting-posting tentang prakarya selanjutnya. Semoga ada lagi sih :p

 

You may also like
Tutorial Mengganti Keyboard Pada Laptop Acer Aspire 4920
Tutorial Mengganti Charging Port Pada Galaxy Note 8.0
Cara Memasang Temper Glass di Smartphone
Entity Construction Kit (ECK), cara mudah membuat CRUD di Drupal 7

20 Responses

    1. Bahan oscar ini mirip bahan untuk jok mobil. Cukup kedap udara. Kalo mau make bahan beludru, dll, tinggal pilih kok.
      Yg oscar ini, aku rasa sih ga sobek kalo kamu pake.

  1. Pingback : O hai let me wanna-be! pe Trilema - Un blog de Mircea Popescu.

  2. Mas Aris, mau tanya dongg… itu beli butiran styrofoam nya di manakah? di Toko Liman bukan? karena saya sedang mencari referensi penjual butiran styrofoam di jogja..

  3. ForMeToKnowForYouToFindOut

    problem dengan bean bag adalah daya-elastis styrofoam yg kurang. Setelah beberapa kali di-duduki styrofoam-nya akan gepeng alias tidak kembali ke bentuk semula. akhirnya diperlukan pengisian berulang-ulang.

Leave a Reply