Home > Instalasi > Screen Mirroring dari HP/Tablet/PC ke Proyektor secara wireless

Screen Mirroring dari HP/Tablet/PC ke Proyektor secara wireless

Melanjutkan bahasan tentang Miracast sebelumnya, kali ini saya akan menuliskan pengalaman implementasi Miracast. Screen Mirroring itu untuk apa sih? Kalau menurut saya, screen mirroring digunakan untuk menampilkan seluruh layar dari HP/Tablet/PC ke Televisi/Projector/Monitor secara wireless. Selama ini yang umum adalah menampilkan layar dari PC/Laptop ke Proyektor/Monitor menggunakan port VGA. Beberapa Proyektor sekarang ini juga sudah mulai menyediakan fasilitas Wireless untuk menampilkan layar dari PC/Laptop. Untuk televisi, sekarang ini banyak televisi yang juga sudah mendukung screen mirroring, kebanyakan dari jenis Smart-TV.

Nah, bahasan saya kali ini membantu untuk alat-alat yang belum mendukung tersebut. Jadi bahasan ini membantu bagi proyektor-nya belum support Wireless, dan televisinya tidak mendukung Screen Mirroring.

Pertanyaan selanjutnya adalah apa keuntungan dari screen mirroring ini secara wireless? Kalau menurut saya keuntungan utama adalah kemampuan menampilkan layar dari HP/Tablet/PC secara wireless. Jadi seorang pemateri (dalam suatu meeting/ruang kuliah/presentasi project/dll) tidak dibelenggu oleh kabel :). Kalau menggunakan PC/Notebook masih agak terbelenggu dengan portabilitas dari PC/Notebook. Sedangkan kalau menggunakan HP/Tablet, tentunya halangan tersebut sudah bisa diminimalisir.

Dalam bayangan saya, ada seseorang yang melakukan presentasi menggunakan tablet yang support S-Pen (e.g. Samsung Galaxy Note II, Note 3, Note 8, Note 10, Note Pro, dll) dalam melakukan presentasi dapat langsung menyajikan proses corat-coret secara langsung ketika harus membuktikan suatu rumus misalnya. Atau melakukan corat-coret ketika harus menjelaskan tentang bisnis proses suatu produk.

1. Alat yang dibutuhkan

Untuk implementasi kali ini, alat-alat yang saya butuhkan adalah:

  •  ezCast Wireless Dongle (Alat lain yang serupa: Samsung All Share Cast, vSmart, PTV-3000, dll). Bentuknya persis seperti Google ChromeCast, harga sekitar 300rb 🙂
  •  Minix HDMI to VGA Adapter. Saya memilih yang mempunyai fasilitas power tambahan, harga sekitar 200rb.
  •  Tablet galaxy note 8 (dapat menggunakan HP/Tablet lain yang support miracast, seperti Galaxy Nexus 4/5, Oppo seri2 tertentu, Sony Xperia seri tertentu, dll). Saya menggunakan ini karena hanya ini alat saya yang support miracast :).
  •  Laptop. Ini untuk tambahan saja, untuk membuktikan bahwa laptop dapat juga ikut menikmati screen mirroring secara wireless.

Alat-alat yang diperlukan

2. Konfigurasi

Konfigurasinya cukup sederhana, silahkan lihat gambar. Jadi cukup menyambungkan Colokan VGA ke Minix HDMI to VGA Adapter, Kemudian ezCast Wireless Dongle-nya di colokkan ke Minix. Agar ezCast ini dapat berjalan lancar, maka diperlukan power yang diperoleh dari port micro-USB (power dapat dicolokkan ke port USB di PC/TV/Powerbank/Power Adaptor.

Konfigurasi Alat

Tampilan awal yang muncul di layar Monitor/Proyektor adalah seperti berikut:

Tampilan layar

 

3. Screen Mirroring di Tablet

Untuk mengaktifkan screen mirroring dari ezCast, saya menggunakan langkah berikut:

  1. Pasang alat-alat seperti di bagian konfigurasi.
  2. Install aplikasi ezCast dari playstore disini.
  3. Koneksikan tablet kita ke Access Point dari ezCast (password AP terlihat di layar monitor/Proyektor).
  4. Jalankan aplikasi ezCast, kemudian pilih ezMirror dan tekan tombok ON untuk mengubah ke mode Miracast.

    EzMirror

  5. Koneksi ke AP dari ezCast mestinya akan terputus, kemudian kita menuju menu screen mirroring dan memilih ezCast AP untuk disambungkan.

    Screen Mirroring

  6. Tablet terkoneksi dengan ezCast.

    Tablet Terkoneksi dengan ezCast

  7.  Tablet dapat digunakan untuk presentasi atau terserah anda.

    Presentasi

4. Screen Mirroring di Laptop/Notebook

Bagaimana kalau laptop/notebook yang akan dikoneksikan ke ezCast? Berikut ini langkah-langkahnya.

  1. Install aplikasi ezCast for windows/MacOS dari websitenya disini.
  2. Jalankan aplikasi ezCast.

    Konek ke AP dari ezCast

  3. Dikarenakan laptop saya tidak mendukung Miracast, maka saya akan mengaktifkan screen mirroring bawaan dari aplikasi.

    MIrror

  4. Laptop sudah terkoneksi dengan ezCast.

    Laptop sudah terkoneksi

Saya tidak mencoba pada device ber sistem operasi OSX ataupun iOS. Tetapi menurut saya tidak terlalu jauh berbeda. Prinsip kerjanya saya kira mirip.

Tidak terasa sudah lebih dari 2 jam saya membuat tulisan ini, jadi sepertinya saya sudahi saja, dan dilanjutkan dengan tidur :).

You may also like
[Video] Unboxing Movistar Alpha ASL 26555 ADSL/3G Wireless Router
Miracast / WiDi, Wireless Display

174 Responses

  1. rothmen

    Saya sudah berhasil tampilin note n800 ke projektor vga tapi tampil screennya kecil sekali jadi untuk presentasi kurang bagus, pertanyaannya apakah ukuran screennya bisa disetting, makasih

  2. Richie

    Mas mau tnya
    Saya sudah bergasik menyambungkan iphone saya ke lcd tv melalui ezcast
    Tapi kalo saya mau internet lewat iphone saya apa bisa,?soal ny network ny teralihkan krna wifi ezcast tersebut..atau perlu wifi dri koneksi lain,?

      1. namusatta

        Untuk cara 1 kalo misalkan di tempat itu tidak ada wifii gmn mas?
        Untuk cara 2 saya kira kita tidak bisa gunakan paket data selama wifii gadget kita terhubung ke ezcast. Ada cara lain?r

      2. Aris Priyantoro

        Kalau tidak ada wifi di cara #1 dan tidak bisa make paket data (cara #2) berarti ya, tidak ada harapan untuk bisa menggunakan internetnya.

  3. Agus Gunawan

    Mohon pencerahan…
    Saya sudah berhasil nyambungin ke tv.
    Rencana mau nyoba ke proyektor.
    Yg saya tanyakan..
    Apakah” minix hdma to vga” conventernya juga
    Harus diberi power kaya EzCast…?
    Soalnya pada gambar diatas minix nya ga dikasih power.
    Thx…

  4. Untuk kasus saya, ‘Minix’ tidak perlu diberikan power. Tetapi bawaannya ada colokan untuk power (apabila diperlukan). Yg utama dikasih power itu ezcast-nya.

  5. Andy

    Salam Mas,
    udah ganti, nih…dari Tab 4 7 inch yang ngga bisa connect ke infocus karena engga ada screen mirroring-nya. Beralih ke Tab S 8.4 inch, lantjar djaja. Say pakai ez cast, tambahannya, bener yanygdi bilanh di atas, yang dikasih power, Ez Cast-nya. Dulu, sewaktu pakai Note 10.1 power listrik, sekarang, pakai powerbank…lebih ringkas.
    Thanks, Mas

  6. coco

    Mas bro.. Saya udah berhasil miroring pake ezcast ke tipi.. Tp masalahnya layar terbalik… Sy pake advan s5f… Ky nya sih ga support… Kira2 ada ga aplikasi tambahan agar supaya tampilannya ga kebolak balik gtu… Thx yuuu

  7. irfan

    Mohon infonya..
    Kalau tablet HP stream 8 yg Ber OS Windows 8.1 bisa connect DG proyektor VGA menggunakan metode yg sama? Atau jika pakai win 8.1 caranya beds? Thank infonya.

  8. andri

    Mo nanya gan,saya pakai xiaomi mi3 apakah bisa pakai ezcast ke vga monitor?
    Dan klo di setting mi3 bukan screen mirroring tapi wirelless display,apa itu sama saja?

      1. Andy

        Mas, mau tanya lagi…kalo engga keberatan, hehehe. Saya pakai ez cast, tapi, pas di pakai di Samsung Galaxy Note 10.1 2014, connect cepat sedangkan di Tab S 8.4, agak lambat, ya.
        Terus, menyimpang dikit…ada saran C Pe n yang compatible dengan Tab S 8.4?

      2. Aris Priyantoro

        Wah kalo soal konek lambat/cepet kurang tahu penyebabnya.

        Soal Cpen, kalau ga salah bisa make cpen untuk sery Galaxy S yg awal2.

  9. Andy

    Uhmmm…apa mungkin karena banyaknya sinyal, ya??? Engga enak juga kalo presentasi prepare-nya kelamaan :-/. C Pen, Galaxy S III, engga compatible, Mas…googling di yahoo, gitu katanya. O iya, kalo konverter yang Mas pakai itu, udah engga keluar lagi, ya…saya nyari yang ada power tambahan, engga dapet2. Jadi pakai yang biasa, Rp.120k.
    Thanks anyway, Mas…

  10. nizar

    mas aris saya mau nany. Apa ez cast bisa tanpa wifi tp pake paket data bagaimana cara pasang nya karena sy tertarik dan mau beli, thanks

  11. surya

    Klo samsung tab 3 10.1 inch bisa ga mas? Menu screen miroring cuman ada di shortcut bagian atas mas, yg sejajar dgn menu wifi,bluetooth, dll.

  12. irwan

    sore pak aris, saya udah menyambungkan seperti cara diatas tapi napa proyektor tetap “no signal”.. apa ada yg salah?

  13. irwan

    siang pak aris, memang benar minix krg power, jd saya colok power br bisa hidup. yg jd masalah skrg laptop saya udah instal ezcast tapi cuma ada tombol refresh dengan tombol gambar stop kontak. napa bisa begitu? versi ezcast 1.4.0.2

  14. Mas mau tanya, ane rencana mau beli nih buat di pasang di proyektor ruang meeting. tapi masalahnya ezcast itu butuh daya,kalo ngambil daya nya dari proyektor kuat ga?

  15. udin

    misi mas,,numpang tanya
    kalo buat nampilin ke 4 monitor sekaligus bisa tidak ya??
    apa kah cuma bisa direct antar laptop dan satu dongle wifi?

  16. Hifni Yazid

    maaf gan aris mau tanya nih,apakah ezcast harus menggunakan data internet?
    soalnya di rumah ane ga punya wifi router,mohon petunjuknya..
    terimakash

  17. mas mau nanya sy punya miracast dlna dongle wifi, di tampilan proyektor sudah ada, dan sdh sy set ke miracast cm tidak bisa koneksi ke laptop. kendalanya dimana ya mas. sy sdh download aplikasi ezcast tapi pas dikoneksikan tidak bisa. error connection apa perlu spek tinggi buat di laptopnya mas, sy menggunakan wind 7 dan win 8 ttp sama2 tdk bisa? mohon pencerahan

    1. Aris Priyantoro

      Sudah konek ke WIFI dari Miracast tersebut? Atau bisa jadi miracast dongle-nya butuh update firmware agar kompatibel?

Leave a Reply