Home > Teknologi > Miracast / WiDi, Wireless Display

Miracast / WiDi, Wireless Display

Sudah beberapa waktu saya kesulitan mencari device yang dapat membuat Televisi saya menjadi support Wireless Display. Device yg saya cari adalah Netgear PTV-3000. Memang, alat ini banyak yang menjualnya di luar negeri, tetapi saya ingin membeli yang dijual di Indonesia. Kenapa? Karena saya tidak mau menunggu kiriman dari LN terlalu lama (Bisa dipercepat, tetapi ongkos kirim kadang tidak masuk akal).

WiDi ini kepanjangannya Wireless Display. WiDi adalah istilah yang digunakan oleh Intel. Jadi teknologi WiDi dari Intel ini mampu streaming music, photo, video dan aplikasi secara wireless dari komputer ke HDTV (tentunya keduanya harus support WiDi).

Miracast, ini adalah standar untuk peer-to-peer screencasting. Pada awalnya WiDi belum support Miracast, tetapi sejak versi 3.5, WiDi sudah support standar Miracast. Miracast ini menggunakan Wifi Direct, artinya koneksi langsung dari suatu device ke device lain menggunakan Wifi secara langsung (tidak melewati Access Point secara terpisah). Baru-baru ini sudah mulai banyak device, terutama smartphone yang mendukung Wifi Direct, seperti Nexus 4, Samsung Galaxy S4, Sony Xperia Z, Blackberry Z30, dan masih banyak lagi.

Bagaimana kalau TV kita belum mendukung Miracast?
Oh itu mudah, kita harus menambahkan alat khusus agar TV kita dapat menampilkan apa yang ada di device kita. Berikut adalah sedikit contoh alat-alat tersebut:

1. Samsung AllShare Cast Dongle

Allshare Cast Dongle

Alat ini dibuat oleh Samsung dan dikhususkan untuk dikoneksikan dengan smartphone samsung yang sudah support Miracast seperti Samsung Galaxy Note 2, 3, 8, 10, Samsung Galaxy S3, S4.

2. Netgear PTV-3000

Netgear PTV-3000


Alat ini prinsipnya hampir sama dengan Allshare Cast Dongle, tetapi lebih bersifat universal dan spesifikasi yang lebih bagus. Output video dari PTV-3000 ini dapat mencapai 1028p sedangkan Allshare Cast dongle hanya sampai 720p. Alat ini tidak tergantung dengan merk tertentu, asalkan device (smartphone) tersebut support miracast, maka akan dapat ditampilkan ke HDTV.

Apakah bisa disambungkan dengan LCD projector yang tidak support port HDMI?
Tenang, jawabannya bisa. Tentunya harus ada tambahan alat. Review tentang ini, dapat dilihat ditautan berikut: http://setijoagus.wordpress.com/2013/09/06/presentasi-android-dg-netgear-ptv3000/

 

You may also like
Screen Mirroring dari HP/Tablet/PC ke Proyektor secara wireless

1 Response

  1. Pingback : Screen Mirroring dari HP/Tablet/PC ke Proyektor secara wireless

Leave a Reply