Home > Tutorial > Tabulasi data menggunakan views pada Drupal 7

Tabulasi data menggunakan views pada Drupal 7

Ada banyak cara untuk menampilkan data dalam suatu aplikasi (terutama aplikasi web). Data dengan banyak kolom/baris pada umumnya ditampilkan dalam bentuk tabel.

Berikut ini modul-modul tambahan yang bisa digunakan untuk menampilkan data tersebut (harus install modul Views terlebih dahulu) :

1. https://drupal.org/project/timeline

Menggunakan modul ini, data pada views akan ditampilkan menggunakan metode timeline. Timeline itu data ditampilkan berdasarkan urut-urutan waktu. Semakin lama, datanya akan semakin dikiri. Timeline ini menggunakan library dari Simile Project. Tampilannya kira-kira seperti berikut:

Interaksi untuk menggeser ketanggal sebelum dan tanggal sesudahnya menggunakan mouse  atau tombol panah dari keyboard.

2. https://drupal.org/project/views_pivot

Modul ini akan menampilkan data dalam tabel seperti biasa. Tetapi, keunggulan dari modul ini adalah mampu menentukan item mana yang akan dijadikan baris dan item mana yang akan dijadikan kolom.  Tampilan dari modul ini seperti berikut:

3. Tabel standar.

Tampilan berupa tabel standar sudah bawaan dari modul views. Tidak perlu menambahkan modul baru untuk ini. Kita hanya dapat menambahkan/mengurangi kolom mana yang akan ditampilkan, tanpa bisa menentukan mana yang akan jadi kolom dan mana yang akan jadi baris seperti pada views pivot. Tampilan untuk tabel standar seperti berikut:

 

Sebenarnya terdapat banyak jenis lainnya, tetapi saya mengkhususkan untuk tampilan data tabulasi. Gambar berikut adalah beberapa jenis layout yang dapat menampilkan data dari views (diluar ini masih banyak lagi).

 

 

You may also like
Drupal: Bulk Insert
Ciyeee, Drupal dan WordPress minta update barengan.
Membuat Chart di Excel menggunakan Drupal
[Drupal] Mengubah tampilan menu local task dari tabs menjadi dropdown

Leave a Reply