Home > Internet > Draw.io: Aplikasi diagram versi online

Draw.io: Aplikasi diagram versi online

draw.io

Anda sering menggambar diagram? Kalau iya, pasti sudah familiar dengan Microsoft Visio. Nah, baru-baru ini saya mendapatkan aplikasi online yang bisa menggantikan Microsoft visio. Kenapa kok harus menggantikan Visio? Alasan utama menurut versi saya adalah lisensi. Saya tidak mampu/mau beli lisensi Microsoft Visio dan juga tidak mau menggunakannya secara tidak sah. Oleh karena itu seringkali saya mencari-cari aplikasi pengganti yang pas/cocok. Dahulu saya pernah mencoba beberapa aplikasi offline seperti StarUML, DIA, ArgoUML, dll. Kali ini saya hanya akan mereview draw.io saja :D.

Draw.io

Aplikasi draw.io adalah aplikasi untuk menggambar diagram secara online. Apabila browser anda mendukung HTML 5, IE dari versi 6 sampai 8, iOS dan Android maka anda bisa menggunakan aplikasi ini. Yang dibutuhkan selain browser tentu saja adanya koneksi internet.

Tidak ada batasan pengguna maupun batasan diagram yang dapat dibuat, terlebih lagi kalau diintegrasikan dengan google drive. Apabila draw.io sudah terintegrasi dengan google drive maka setiap diagram akan disimpan dalam google drive, satu diagram satu file. Kalau tidak mau diintegrasikan dengan google drive, bisa juga dieksport ke file berupa PNG/JPG/SVG/XML. Apabila kedepan mau melakukan editing, maka sebaiknya disimpan dalam format XML untuk nantinya di load ketika dibutuhkan.

Fitur lain yang menurut saya keren adalah real-time collaboration. Bayangkan seperti spreadsheet/dokumen pada google drive yang bisa di share ke beberapa orang dengan privileges khusus, nah draw.io juga dapat melakukan hal yang sama (asalkan sudah diintegrasikan dengan google drive). Agar pengguna lain dapat membuka file diagram yang di share, maka pengguna tersebut harus meng-enable-kan draw.io, seperti terlihat pada langkah-langkah berikut ini.

1. Untuk pertama kali, integrasikan account kita dengan draw.io, caranya adalah buka situs draw.io, kemudian klik pada “Connect with Google Drive”

2. Buka google drive, dan pilih/klik dokumen yang dishare oleh teman anda. Nanti akan ada informasi kalau anda perlu melakukan setting untuk membuka file tersebut.

3. Enablekan draw.io, kalau langkah ini sudah dilakukan, maka icon pada dokumen tersebut akan berubah sesuai icon dari draw.io.

4. Buka kembali dokumen tersebut yang secara otomatis akan diarahkan ke situs draw.io dan menampilkan diagram yang dishare oleh teman anda.

Akhirnya, untuk selanjutnya tidak perlu menjalankan langkah 1-3 lagi, cukup klik pada dokumen yang dishare saja.

 

You may also like
[Video] Unboxing Movistar Alpha ASL 26555 ADSL/3G Wireless Router
Unboxing Axioo Windroid 9G
Review Asus Padfone S (PF500KL)
Menambahkan fitur USB dan Bluetooth pada Active Speaker Jadul

2 Responses

Leave a Reply