Home > Internet > Drupal > Mengoptimalkan admin page pada drupal 7

Mengoptimalkan admin page pada drupal 7

Seringkali saya cukup terganggu dengan tampilan halaman admin ketika selesai instalasi drupal 7. Terlebih lagi ketika harus install di remote server, lemotnya itu loh. Sudah internet saya tidak begitu bagus, ditambah lagi dengan tampilan admin drupal yang terlalu banyak klik (dan menunggu) hanya untuk membuka menu tertentu.

Oleh karena itu saya mencoba mengubah tampilan pada halaman admin. Ada beberapa modul yang dinonaktifkan dan beberapa modul yang ditambahkan.

Modul yang dinonaktifkan

1. Overlay

Modul overlay digunakan untuk menampilkan halaman admin diatas halaman yang dibuka sekarang. Prinsipnya memanggil suatu halaman menggunakan ajax, kemudian ditampilkan pada kontainer tertentu menutupi halaman yang sedang dibuka sekarang.

Disable modul overlay

2. Toolbar

Modul toolbar digunakan untuk menampilkan menu pada bagian atas. Menu ini tidak berupa dropdown sehingga cukup menyulitkan untuk membuka halaman admin yang berada didalam sub-menu. Kelebihan menu ini, user bisa membuat shortcut untuk langsung menuju ke halaman tertentu.

Disable modul toolbar

 

Modul yang diaktifkan 

1. Update manager

Modul ini mempunyai fasilitas untuk mendeteksi apakah suatu modul mempunyai versi baru/tidak. Apabila terdapat modul yang diupdate oleh developer-nya, maka admin akan diberitahu kalau ada update untuk modul tertentu. Selain itu, modul ini mampu untuk melakukan update suatu modul secara online. Fasilitas yang paling penting bagi saya adalah install modul langsung dari suatu URL. Jadi kita tidak perlu download modul tertentu dari drupal.org/situs lain kemudian diupload ke situs kita untuk diinstall, tetapi langsung install dari situsnya hanya dengan mengisikan full path dari file module tersebut.

Install from a URL

 

Modul yang ditambahkan

Enable admin_menu & modulefilter

1. admin_menu

Modul ini akan menggantikan fungsi modul toolbar yang saya disable. Fasilitas dari modul ini adalah mampu menampilkan dropdown menu khusus admin beserta sub-menu. Sehingga kita lebih mudah untuk membuka suatu halaman yang berada dalam sub-menu hanya dengan sekali klik saja.

2. Module_filter

 

Apabila kita menginstall puluhan bahkan ratusan modul dalam situs yang kita kelola, tentu sangat merepotkan ketika akan melakukan enable/disable modul tersebut. Kita harus mengecheck satu-satu dari daftar atau melakukan search lewat browser (cara ini tidak terlalu valid karena modul tersebut akan ditampilkan dibanyak tempat dimana modul tersebut membutuhkan/dibutuhkan oleh suatu modul).

Modulefilter akan menyederhakanan proses ini, user dapat melakukan search berdasarkan keyword tertentu (dapat juga ditambahkan dengan filter enable/disable/required/unavailable). Selain itu, tombol save configuration akan lebih mudah ditemukan di sebelah kiri.

Module filter

Okay, sekarang sepertinya sudah lebih baik bagi saya. Kalau ada yang mau melanjutkan improvisasi dengan modul-modul lain, dipersilahkan.

*Catatan:
Meskipun saya agak lama bergaul dengan drupal ini, tetapi sampai saat ini masih terus belajar. Jadi kalau ada yang kurang pas, mohon saran/kritiknya.

You may also like
Drupal: Bulk Insert
Ciyeee, Drupal dan WordPress minta update barengan.
Membuat Chart di Excel menggunakan Drupal
[Drupal] Mengubah tampilan menu local task dari tabs menjadi dropdown

2 Responses

  1. Killua

    Om mau tanya dong, kalau cara setting suatu halaman yang hanya dapat di buka untuk yang sudah register di web, gimana yah caranya? di drupal 8, trimakasih

    1. Aris Priyantoro

      Hallo,

      Saya belum explore drupal 8 neh. Ini halaman-nya dibuat sendiri atau sudah ada? Kalau dibuat sendiri mestinya tinggal di setting aja di routing permission-nya. Hanya boleh untuk user dengan role tertentu.

Leave a Reply