Home > Internet > Alternatif Internet Unlimited selain Telkomsel Flash

Alternatif Internet Unlimited selain Telkomsel Flash

Selama dua tahunan saya setia menggunakan telkomsel flash sebagai layanan internet unlimited. Saya tetap bertahan memakai kartu ini walaupun dahulu kecepatannya hancur-hancuran. Saat itu teman-teman pindah ke XL Unlimited maupun IM2.

Saya mengalami masa kuota untuk paket basic mulai dari 3GB, turun menjadi 2GB, dan 500MB. Tetapi pada akhirnya saya tidak bisa setia lagi dengan keadaan ini. Kuota sudah disunat menjadi 500MB, koneksi sekarang ini parah sekali. Kalaupun koneksi agak normal, saya harus kecewa dengan speed yang turun gara-gara 500MB habis dalam waktu 5 hari untuk penggunaan normal (bukan downloader).

Sekarang ini saya sedang mencari alternatif lain untuk koneksi internet unlimited yang reliable. Reliable dalam arti koneksi cukup stabil, speed sesuai dengan janji, kuota lebih manusiawi dan kalau bisa harganya lebih murah dari telkomsel flash.

Dari beberapa survey berikut ini alternatif internet unlimited selain telkomsel flash.

1. Three

Dari situs three, paket internet unlimited adalah  up to 3.6 mbps untuk jaringan HSPA. Kelemahannya, jaringan HSPA ini baru ada di Jakarta, Tangerang dan Bali. Untuk tempat tinggal saya(Jogja) belum terjangkau, kalau memaksa terpaksa mentok di EDGE. Biaya yang dibutuhkan adalah Rp. 85.000,-

2. IM2

Paket internet unlimited dari IM2 yang paling cocok buat saya untuk saat ini adalah Broom Bastis. Tetapi masalahnya adalah paket isi ulangnya harus Rp. 200.000,- tiap bulan. Speed up to 256 kbps dan Kuota 3GB.

3. Mobi

Fren dengan Mobi juga memberikan layanan internet unlimited. Untuk paket unlimited 100 mobi memberikan speed up to 1mbps. Kuota yang diperoleh adalah 1.5GB dengan biaya yang harus dikeluarkan adalah Rp. 100.000,- per bulan.

4. Smart

Smart menawarkan paket internet unlimited yang paling menggiurkan. Hanya dengan paket silver kita akan mendapatkan speed download up to 512kbps. Biaya yang harus dikeluarkan adalah Rp. 75.000,- per bulan. Tetapi sayang, saya harus membeli modem CDMA yang support EVDO Rev. A agar mendapatkan speed yang optimal.

5. XL

Bulan februari 2010 kemaren XL meluncurkan paket internet unlimited untuk kota Jakarta – Bandung – Surabaya – Medan. Duh, karena Jogja  tidak tercover, maka tidak dapat menjadi alternatif bagi saya. Sepertinya bisa menggunakan layanan internet unlimited yang dahulu pernah diluncurkan oleh XL, tetapi sangat susah untuk mendapatkan kartu perdananya, selain itu harganya pasti tidak masuk akal.

6. Flexi

Telkom flexi akhirnya mengikuti jejak operator lain untuk meluncurkan paket internet unlimited. Dengan speed yang tanggung yaitu 153kbps diperlukan biaya Rp. 50.000,- setiap bulannya.

Dari beberapa alternatif diatas, hanya Smart, Mobi, dan Flexi yang masuk dalam list saya. Untuk Smart saya sudah pernah mencoba dirumah dengan modem pinjaman, yang lain akan segera menyusul untuk diujicoba. Setelah selesai ujicoba tinggal action untuk membeli modem CDMA yang support EVDO dan menutup telkomsel flash sekaligus kartu halo.

You may also like
vi.sualize.us pictures bookmarker
Piclens plugin 3D yang keren
StarOne Jelajah & Registrasi Internet via SMS
Testimonial: Telkomsel Flash Unlimited

13 Responses

  1. Aris Priyantoro

    @iang. Wah maaf kurang lengkap. Kuota itu maksudnya Fair Usage Policy. Melebihi kuota maka speed akan drop ke 64kbps.

  2. EL

    Itu sih bukan unlimited !!!
    Slama ada text “QUOTA”, berarti bukan unlimited !!!
    Gue diluar nih (bkn Indo). Unlimited sama skali nggak ada masalah quota. Jd bener2 nih di Indo dibodohin provider 😀

  3. Saya dulu juga sempat bingung milih paket ginian. Tapi, akhirnya setelah mencoba dulu merasakan… akhirnya pilihan jatuh ke Smart, yang kebetulan pas di coba di lokasi rumah juga baik-baik saja…

    Sampai sekarang, sudah hampir 2 bulan nyoba (di Jogja dan Jakarta), puas sih…

    Moga-moga memang service bisa terus kayak gini… Ya, paling tidak belum ada masalha yang berarti…

  4. @EL. Ya… beginilah Indonesia. Tapi tetap harus disyukuri.
    @Amir. Wah Thx infonya.
    @Thomas. Sip… semoga saja tetep ok.
    @Junjun. Met hunting.
    @Anto. Utamanya sih memang penggunaan mobile.

  5. waaa.. saya uda putus cinta ama IM2 en telkomsel… akhirnya setelah pemikiran masak ampe bosok, hehe… pake ISP Citranet Ris.. kacek 100rb ama yg IM2 200, tapi amat sangat menunjang, gak pernah putus, lumayan wasss wess wosss jugaaa…

    *iki promosi, hehe*

  6. budi

    Klo ane dah lama make internet murah meriah pake kartu gsm+ modem (klo bisa yg 3G/HSDPA)harga 50rb/bulan speed over 256 kbps(tergantung BTS 3G/HSDPA setempat). Klo berminat silahkan hub sy di email. buddbidun@yahoo.co.id . Trims

  7. Bojes

    Saya sudah beralih ke SMART sejak akhir Desember 2009, setelah lebih dari setahun kecewa dengan Indos**k … pare bigat … dan akhir-akhir ini koneksi SMART tidak sekencang dulu. Mungkin karena semakin banyak yang pake. Pengalaman paling puas SMART adalah di Jogja, karena masih sedikit yang pake.

Leave a Reply