Home > Fotografi > Recovery data di CF Card dan sejenisnya

Recovery data di CF Card dan sejenisnya

Saya mengalami kehilangan data foto-foto di kartu CF saya semalam. Padahal data yang hilang adalah foto-foto pertemuan MACO yang saya ambil jum’at malam lalu. 🙁

Asli panik saat itu. Punya aplikasi Get Data Back, tapi masih trial. Dicoba recover data ke CF langsung tidak dapat hasil sama sekali. Terpaksa googling untuk mencari solusi lain. Saya harus menemukan solusi malam itu juga karena paginya CF tersebut akan dipakai buat menemani hunting ke pantai Suluban bersama teman-teman dari milis Id-Photographer.

Jam sudah menunjukkan angka 01:30, koneksi gprs lemot alias tidak stabil. Sampai suatu ketika pencarian menuju ke situs TestDisk. Lihat-lihat situs ini sebentar, saya menemukan ada fasilitas PhotoRec. PhotoRec ini companion dari TestDisk yang berguna untuk me-recovery file-file yang hilang yaitu foto, video, dokumen dan file archive.

Download agak lama TestDisk yang mempunyai ukuran sebesar 1483 KB (maklum gprs lemot). Selesai download langsung diekstrak dan saya jalankan aplikasi photorec_win.exe, langsung saya tunjuk drive dari CF saya. Kemudian tentukan direktori untuk menampung hasil recovery dan start.

Dengan proses kurang lebih selama 7 menit, CF sebesar 2GB telah selesai direcovery dengan sukses. Semua file-file yang saya butuhkan dapat kembali dengan utuh.

Lega rasanya ketika itu, akhirnya saya dapat tidur dengan nyenyak dan tenang semalam.

Saya kira aplikasi ini mampu juga untuk recovery semua jenis  removable disk seperti flash disk, sd card, micro sd, transflash, memory stick, dan sejenisnya.

You may also like
Photoblog: Waterdrop Effect
Photoblog: Sanghyang Jaran
Photoblog: Parade Gong Kebyar Anak-anak
Photoblog: Surfer

Leave a Reply