Home > Internet > Free eCommerce Application

Belum lama ini saya ditanyai tentang aplikasi eCommerce yang gratis. Berdasarkan pengalaman dan juga research sedikit, saya kemudian memberikan nama beberapa aplikasi tersebut.

eCommerce adalah kegiatan jual beli yang dilakukan melalui media internet. Transaksi melalui internet akan lebih mudah apabila pihak seller menyediakan situs yang informatif dalam content, mudah dalam transaksi. Konten yang informatif tentunya akan memudahkan bagi buyer untuk melihat detail yang lengkap dari suatu produk, selain itu akan membuat buyer lebih tertarik dengan barang tersebut. Sedangkan transaksi yang mudah meliputi kemudahan request produk, dan kemudahan dalam pembayaran.

Daftar berikut sedikit banyak diurutkan dari kepopuleran aplikasi tersebut. Kesemua aplikasi berikut menggunakan PHP.

1. osCommerce

Aplikasi eCommerce yang sangat populer sekarang ini. Banyak situs-situs belanja online yang menggunakan aplikasi ini. Banyak sekali theme/template baik yang gratis maupun berbayar yang dapat digunakan untuk mempercantik tampilan. Selain itu modul-modul tambahan banyak sekali dijumpai. Ukuran aplikasi yang tidak terlalu besar dan banyaknya pengguna merupakan nilai tambah. Masalah dengan register_globals yang harus di set menjadi on merupakan masalah yang serius ketika itu, tetapi sepertinya sekarang sudah tidak menjadi masalah lagi.

2. Magento

Aplikasi ini sepertinya paling populer sekarang ini. Menggunakan framework zend sebagai dasar aplikasi menjadi nilai tambah untuk aplikasi ini. Karena menggunakan framework zend, secara programming aplikasi ini lebih mudah dipelajari dan tentunya akan lebih mudah untuk dikembangkan. Ukuran aplikasi yang besar merupakan nilai minus, selain itu minimum requirement dari aplikasi ini menuntut kemampuang hosting yang tidak sembarangan.

3. ZenCart

Aplikasi yang cukup populer untuk e-Commerce. Banyak sekali theme/template yang dapat digunakan untuk mempercantik tampilan. ZenCart juga termasuk dalam salah satu aplikasi yang didukung dalam kemudahan instalasi oleh fantastico auto installer.

4. CubeCart

Diluncurkan dalam dua jenis aplikasi, CubeCart 3, dan Cubecart 4. CubeCart versi 3 mempunyai versi free sedangkan versi 4 dengan terpaksa harus membayar.

5. Drupal + UberCart

Drupal merupakan CMS yang sangat terkenal. Aplikasi ini memiliki banyak sekali kontributor yang membuat modul-modul tambahan untuk menambah fitur dari CMS ini. Salah satunya adalah UberCart. Dengan ubercart, drupal dapat difungsikan sebagai shopping cart.

6. Joomla / Mambo + Virtuemart

Sama seperti Drupal, Joomla maupun Mambo ini merupakan CMS yang sangat populer. Untuk memfungsikan CMS ini menjadi Shopping cart, silahkan gunakan tambahkan Virtuemart.

7. WordPress + Yak/WP-Ecommerce

WordPress merupakan aplikasi untuk weblog yang sangat populer. Dengan sifatnya yang sangat memungkinkan untuk menambahkan plugin maka wordpress dapat juga digunakan sebagai shopping cart. Salah satu plugin yang untuk itu adalah Yak. Selain plugin Yak, terdapat pula plugin WP e-Commerce.

8. Prestashop

Aplikasi shopping cart yang mempunyai fitur cukup menjanjikan. Aplikasi ini dapat digunakan sebagai alternatif.

9. Freeway

Aplikasi ini dapat digunakan bersama-sama dengan Joomla.

10. Opencart

Walaupun aplikasi ini sepertinya tidak terlalu banyak digunakan oleh pengguna internet, tetapi dapat dijadikan alternatif.

11. Aplikasi yang lain

Tentunya ada banyak sekali aplikasi-aplikasi sejenis. Silahkan lanjutkan pencarian menggunakan google atau search engine lainnya apabila dari aplikasi-aplikasi diatas belum sesuai dengan ekspektasi anda.

You may also like
Cerita Tentang Memesan Tiket Kereta Api Secara Online
Gratis hosting 100MB selama setahun

30 Responses

  1. Aris Priyantoro

    @Dwi. Dari tanggalnya saja sudah jelas :).
    Tapi agak kreatif dikit ditambah screenshoot & ganti intro-closing.
    It’s ok. Semestinya akan lebih baiknya kalo kasih URL asalnya.

  2. iya mas kayaknya dulu pas nulis saya terinspirasi dengan blog anda, makasih mas aris sukses selalu , tulisan saya udah tak update….dengan aplikasi e-commerce terpopuler

Leave a Reply