Home > Cellular > Testimonial: Telkomsel Flash Unlimited

Testimonial: Telkomsel Flash Unlimited

Dalam postingan sebelumnya saya menulis tentang Telkomsel flash unlimited. Sekarang ini saya menulis testimonial tentang telkomsel flash unlimited.

Pendaftaran
Bisa dikatakan saya sangat beruntung mengenai pendaftaran layanan ini. Saya hanya menghubungi kontak person untuk telkomsel Bali dan mengatakan akan mendaftar layanan ini(paket yg basic) dan mendaftarkan kartu halo baru. Saya telepon sebelum lunch dan petugas tersebut mengatakan akan ke kantor saya sekitar pukul 4. Saya diminta menyediakan fotocopy identitas dan surat keterangan bekerja dari kantor.

Tepat pukul 4 petugas tersebut datang ke kantor, sambil membawa persyaratan yang diminta saya dan beberapa teman kantor menemui petugas. Setelah mengisi formulir, saya diminta memilih nomor yang tersedia dan saat itu juga kartu halo saya sudah dapat digunakan. Untuk paket internet saya diminta menunggu konfirmasi(untuk aktivasinya) dari petugas tersebut keesokan harinya. Saya harus menunggu lebih dari 1 hari karena keesokan harinya ada masalah dengan sistem telkomsel, jadi aktivasinya ditunda.

Pemakaian
Kamis malam saya mencoba layanan ini setelah siang harinya mendapatkan kabar bahwa layanan internet unlimited saya sudah diaktifkan. Koneksi saya menggunakan HP K618i (sudah 3G), setelah mengatur APN menggunakan internet didapatkan koneksinya sebesar 115.2 kbps. Kok aneh ya, padahal saya mendapatkan sinyal 3G dengan bagus. Kalau hanya mendapatkan kecepatan 115.2 kbps sih bukan 3G, kecepatan ini masih masuk GPRS/EDGE. Ya sudah, anggep saja jaringan lagi penuh, saya terus tidur.

Malam sabtu sebelum main futsal saya mencoba konek lagi menggunakan modem HSDPA di komputer teman dan hasilnya tidak jauh beda. Ya sudah, main futsal saja lah. Setelah pulang main futsal di The Balls sunset road saya mencoba lagi menggunakan HP jadul jagoan saya yaitu t68i. Hasil yang didapat juga tetap 115.2 kbps. Jadi kesimpulan saya, apapun modem yang digunakan entah GRPS/3G/HSDPA koneksinya tetap sebatas GPRS saja.

Koneksi sih cukup stabil, maksudnya stabil tidak pernah lebih dari 10-an KB/s, paling banter 11 KB/s. Berikut hasil pengukuran menggunakan speedtest.net untuk dua lokasi yang berbeda.

Sedangkan gambar berikut adalah grafik pemakaian internet menggunakan BitMeter II. Dapat dilihat dari grafik bahwa koneksi maksimumnya kurang lebih 9.9 KB/s.

Kesimpulan
Untuk pemakaian normal (browsing situs biasa bukan situs seperti youtube.com), dan bukan seorang downloader tentunya layanan internet unlimited ini layak untuk dipertimbangkan. Jangan terlalu banyak berharap kecepatan akan mencapai maksimal seperti dalam paket yang diambil karena untuk mencapai kecepatan maksimal banyak sekali faktor yang harus diperhatikan misalnya: jumlah pengguna dalam satu bts, interferensi, rule bandwidth yang sesungguhnya dari telkomsel, dll. Saya belum bisa membayangkan kecepatan koneksi ketika quota telah mencapai 3GB, apakah semakin parah atau tidak ada perubahan.

Update
Ini ada update speed, lumayan bisa mentok di 256kbps, malah lebih tinggi sedikit

You may also like
Tutorial Mengganti Charging Port Pada Galaxy Note 8.0
Upgrade Asus Padfone S (PF500KL) ke Lollipop 5.0
Alternatif Internet Unlimited selain Telkomsel Flash
StarOne Jelajah & Registrasi Internet via SMS

42 Responses

  1. hehehe.. keisengan dah.. pengen naro komen juga yach..

    ni mengenai telkomsel paket unlimited yang rada lelet (tapi belakangan ini seh leletnya)

    menurut saya wajar aja kalo dapet speed lambat, bagi seorang downloader, kayaknya untuk unlimited ini agak susah dah, soale lambat banget.. tapi ada kalanya dipertimbangkan juga, karena bisa dapet speed yang cukup lumayan..

    saya sebagai pengguna pake unlimited telkomsel yang paket basic, 125rb per bulan ditambah 125rb lagi untuk cicil modem (250rb per bulan gratis (alias nyicil) modem)

    nah, saya gunain dah ini dan itu segala macem, hasilnya yang didapet bisa diliat di blog punya saya, di iyansaja.blogspot.com

  2. hafidz

    Pak, mau nanya, kalo soal koneksi pelan kita dah sama2 tau, tapi knapa kalo saya coba donlot rapidshare atau buka youtube slalu loadingnya berhenti sendiri?? Jadi pertama speednya misalnya skitar 80kbps, trus turun jadi 60, 40, sampe 0 alias berhenti loading, jadi saya harus browsing terus biar speednya naik (biar loading atau donlot jalan lagi).. apa memang disengaja sama telkomselya??

  3. Aris Priyantoro

    @hafidz
    Ditempat saya kok lancar terus untuk download rapidshare. Kalau untuk youtube kurang tahu, soalnya jarang buka youtube. Nah soal disengaja/enggak sama telkomsel ini saya tidak tahu sama sekali.

  4. Wijaya

    Pak Aris, apakah benar Telkomflash Unlimited yang sedang bapak pakai itu tarifnya cuma 125ribu/bulan? Coba bapak ketik *888# untuk mengetahui jumlah pemakaian terkini kartu halo nya pak Aris. Thanks.

  5. Aris Priyantoro

    @Wijaya
    Secara default layanan 888 dinonaktifkan apabila menggunakan telkomsel flash unlimited. Ini karena *888# belum dapat mendeteksi apakah nomer tersebut hanya akses data yang volume based / yg unlimited. Jadi kalau kita tekan *888# akan mendapatkan hasil yang berjuta-juta. Untuk amannya, pastikan paket internet unlimited sudah aktif (bisa check ke CS), kemudian apn-nya internet atau telkomsel tanpa user & password.
    Sampai sekarang tagihan saya belum datang..

  6. Daripada pake Teklkomsel Flash yg kecepatannya ga pernah sesuai janji mending pake speedy personal aja ketauan yg 1Gb cuma 200rb tp kecepatannya masih fair dibanding telkomsel flash

  7. numpang nanya Pak,
    saya jg pake Telkomsel Flash, modem SIERRA Wireless
    AirCard HSDPA Modem …
    nah, sinyal 3G-nya dah ada. HSDPA jg dah mantep.

    kemarin bisa koneksi dg sinyal 3G+HSDPA-nya tapi skrg ga bisa, pdhl sinyalnya masih ada. n rata2 coverage-nya -85 dpm..

    akhirnya sy pake GPRS, tp ya lemotnya minta ampun. mau upload foto aja RTO mulu.

    kira2 kenapa ya pak?

  8. wah … saya juga pakai tsel flash … pengalaman saya kalau mau konek sussah banget … mesti diulang beberapa kali baru konek dan kadang putus sendiri

    kalau apn nya diganti telkomsel apa billing nya masih ngikut yang unlimited ya pak

  9. Aris Priyantoro

    @Jarwadi
    Saya juga merasakan agak susah untuk konek nya… tetapi ketika sudah konek… belum pernah kena gejala disconnect 🙂
    APN untuk unlimited adalah internet atau telkomsel.

  10. rian

    Saya mau menanyakan tentang telkomsel flash, kalau mendaftar itu kan harus pake kartu halo, kita pilih paket yg mana? kan ada pake free abonemen, free sms atau halo bebas bicara?

  11. Aris Priyantoro

    @Rian
    Terserah Anda mau paket yg mana (kecuali hybrid), tetapi kalo saya halo bebas abonemen. Jadi dikenakan minimum pemakaian 25rb (kalo tidak salah, bisa pemakaian voice/data/text), total yang harus dibayar hanya: Paket Internetnya + 10% PPN.

  12. Mas ada dikit tambahan nih, yg tercatet 115.2 kbps itu fiktif, biasa memang si Window*. Tapi sebenernya gak segitu koq. Kalau mau dicheck bisa pake bandwith meter seperti yg mas pake. Sy pake modem 7.2 mbps, tertulisnya 7 .2 mbps, tapi gak segitu koq. Jadi, cuma estimasi ajah.

    Kalau koneksi lelet wajarlah, mana ada sih internet murah dengan koneksi stabil. Tul ggak. lol…

  13. Aris Priyantoro

    @Armand
    Yup… 115.2 kbps itu memang koneksi dari bt ke HP.
    Koneksi sebenarnya sudah saya tambahkan dibagian Update. Sampai saat ini saya puas dengan telkomsel flash ini.

  14. aditya

    untuk P. Jaka, June 11.
    Kalau anda masih bisa pake *888# berarti anda belum aktif telkomselflash unlimitednya. Saya jg pake hp 3g untuk telkomsel flash, begitu aktif maka layanan cek pemakaian di *888# tidak bisa lagi.. paling aman pake modem aja biar baterai HP juga g cepet abis.

  15. aghawibawa

    yupss…saya make yang basic ampun banget,ga ada kencangnya..jauh banget jika dibandingin dengan flash yang time base…oya ada yang pernah nyoba paket yang dikeluarin indosat kayak indosat unlimited ISAT Econmy, kecepatannya sama costnya 100rb/bulan, tp ga tau juga ..lebih cepat ga??baik di area 3G or GPRs…tolong di coba ya mas,,trus hasilnya emailkan ya…

  16. umild

    kl dibuat online trading gmna ya..?? ap ga sering putus2 or ketinggalan/telat gtu..
    (yg 256 kbps pake usb modem)
    bantu infonya donk…

  17. garis

    pencerahan tentang telkomsel unlimited
    http://www.telkomsel.com/web/hot_offering
    link website untuk akses unlimited sebenarnya terbatas setelah 2G diturunkan speednya.
    1 lg hal terpenting kata2 “UP TO 256K” real speednya sebenarnya 128K, klo “UP TO 512K” itu real speednya 256K. itu trik marketing aj, sebenarnya ada pure real speed 256K yg benar2 unlimited tanpa penurunan speed, sama2 jaringan telkomsel jg tp pemasarannya lewat org dlm grapari, saya pake pure yg 256K bulanan 175rb, pemakain setelah 5GB download film banyak2 speed tetap stabil di 256K, di test pake speedtest.net

  18. tuper

    Sekedar sharing aj… 3 bulan yang lalu saya buka telkomsel flash di graPARI malang. alhasil, lumayan lah.. jaringan yang saya dapat HSDPA… buka youtube bisa dikatakan cepat… bahkan untuk download maupun upload lebih cepat daripada warnet… 😀

    Tapi, sebulan blakangan ini, jaringan udah mulai turun. Buka youtube lemotnya sama kayak di warnet.. bahkan seringkali ngedown… apalagi kalau buka FACEBOOK… Udah facebooknya sering down, ditambah lemotnya jaringan t-sel flash… kumplit dah..

    Mungkin ada yang bisa membandingkan dengan speedy? terus terang saya ingin juga mencoba speedy… Kebutuhan kerja saya memang harus online. trima kasih.

Leave a Reply