Home > Cellular > Testimonial: Telkomsel Flash Unlimited

Testimonial: Telkomsel Flash Unlimited

Dalam postingan sebelumnya saya menulis tentang Telkomsel flash unlimited. Sekarang ini saya menulis testimonial tentang telkomsel flash unlimited.

Pendaftaran
Bisa dikatakan saya sangat beruntung mengenai pendaftaran layanan ini. Saya hanya menghubungi kontak person untuk telkomsel Bali dan mengatakan akan mendaftar layanan ini(paket yg basic) dan mendaftarkan kartu halo baru. Saya telepon sebelum lunch dan petugas tersebut mengatakan akan ke kantor saya sekitar pukul 4. Saya diminta menyediakan fotocopy identitas dan surat keterangan bekerja dari kantor.

Tepat pukul 4 petugas tersebut datang ke kantor, sambil membawa persyaratan yang diminta saya dan beberapa teman kantor menemui petugas. Setelah mengisi formulir, saya diminta memilih nomor yang tersedia dan saat itu juga kartu halo saya sudah dapat digunakan. Untuk paket internet saya diminta menunggu konfirmasi(untuk aktivasinya) dari petugas tersebut keesokan harinya. Saya harus menunggu lebih dari 1 hari karena keesokan harinya ada masalah dengan sistem telkomsel, jadi aktivasinya ditunda.

Pemakaian
Kamis malam saya mencoba layanan ini setelah siang harinya mendapatkan kabar bahwa layanan internet unlimited saya sudah diaktifkan. Koneksi saya menggunakan HP K618i (sudah 3G), setelah mengatur APN menggunakan internet didapatkan koneksinya sebesar 115.2 kbps. Kok aneh ya, padahal saya mendapatkan sinyal 3G dengan bagus. Kalau hanya mendapatkan kecepatan 115.2 kbps sih bukan 3G, kecepatan ini masih masuk GPRS/EDGE. Ya sudah, anggep saja jaringan lagi penuh, saya terus tidur.

Malam sabtu sebelum main futsal saya mencoba konek lagi menggunakan modem HSDPA di komputer teman dan hasilnya tidak jauh beda. Ya sudah, main futsal saja lah. Setelah pulang main futsal di The Balls sunset road saya mencoba lagi menggunakan HP jadul jagoan saya yaitu t68i. Hasil yang didapat juga tetap 115.2 kbps. Jadi kesimpulan saya, apapun modem yang digunakan entah GRPS/3G/HSDPA koneksinya tetap sebatas GPRS saja.

Koneksi sih cukup stabil, maksudnya stabil tidak pernah lebih dari 10-an KB/s, paling banter 11 KB/s. Berikut hasil pengukuran menggunakan speedtest.net untuk dua lokasi yang berbeda.

Sedangkan gambar berikut adalah grafik pemakaian internet menggunakan BitMeter II. Dapat dilihat dari grafik bahwa koneksi maksimumnya kurang lebih 9.9 KB/s.

Kesimpulan
Untuk pemakaian normal (browsing situs biasa bukan situs seperti youtube.com), dan bukan seorang downloader tentunya layanan internet unlimited ini layak untuk dipertimbangkan. Jangan terlalu banyak berharap kecepatan akan mencapai maksimal seperti dalam paket yang diambil karena untuk mencapai kecepatan maksimal banyak sekali faktor yang harus diperhatikan misalnya: jumlah pengguna dalam satu bts, interferensi, rule bandwidth yang sesungguhnya dari telkomsel, dll. Saya belum bisa membayangkan kecepatan koneksi ketika quota telah mencapai 3GB, apakah semakin parah atau tidak ada perubahan.

Update
Ini ada update speed, lumayan bisa mentok di 256kbps, malah lebih tinggi sedikit

You may also like
Tutorial Mengganti Charging Port Pada Galaxy Note 8.0
Upgrade Asus Padfone S (PF500KL) ke Lollipop 5.0
Alternatif Internet Unlimited selain Telkomsel Flash
StarOne Jelajah & Registrasi Internet via SMS

96 Responses

  1. HARTANI Sidhi WD

    saya mau tahu bagaimana berlangganan internel mobil 3,5G, berapa biaya seblnnya , mohon kabar ya semoga saya dg sejumlah rekan kami bisa ikutan punya internet mobil broadband 3,5G unlimited seperti di malaysia , thank you

  2. Mas, apa benar jika pas connect dapatnya GPRS maka konsumen harus bayar akses GPRS nya tersendiri? (Kata teman yang tetangganya pake Flash). Jadi Paket Telkomsel Flash hanya berlaku untuk koneksi 3G. Kalau dapatnya GPRS (kebanyakan konsumen luar kota) ya kena charge tersendiri. Apa seperti itukah?

  3. Imam Dermawan

    Kok saya di daerah cilengsi aman-aman saja yach…saya pasang paket yang basic 256 kbps, cepat kok, malah dowload udah sampe 7 giga……BTS nya kali yang jarang di tempat Anda

  4. Aris Priyantoro

    @Imam Dermawan
    Memang dari beberapa testimonial ada yg menyebutkan kalau speednya kenceng(terutama di Jakarta), tapi entah mengapa khusus di Kuta kok jauh dari harapan. Teman saya di Jogja malah mengeluhkan koneksi yang lambat dan sering DC.
    Hampir semua teman saya disekitar Kuta mengeluhkan hal yang sama. Bahkan ada yg pilih paket PRO (up to 3.6 mbps), cuma dapat maksimum sekitar 90KB/s (sekitar 720kbps). Jauh dari harapan bukan?
    Apakah karena banyak yang pakai? Atau gimana ya?

  5. jaka

    Mau tanya tarifnya saja, nih. Gw coba pake unlimited (basic). Setelah beberapa jam pemakaian, iseng gw cek pemakaian lewat *888#. Wuih, jumlah pemakaian langsung loncat ratusan ribu. Wah, lantas bagaimana dg promo unlimitednya (125000). Mngapa begitu ya…?

  6. Aris Priyantoro

    @keroe
    Jelas masih dalam coverage. Di daerah saya bisa dapat sinyal HSDPA. Oh ya.. semalam untuk pertama kalinya bisa dapat 20KB/s lumayan juga tuh.. (brarti 160kbps)

    @jaka
    Paket unlimited ini khan pada dasarnya menggunakan pentarifan volume based. Billing Telkomsel blom dapat membedakan antara paket unlimited dengan paket volume based biasa kalau menggunakan *887# / *888#. Untuk pastinya coba make *999# pilih 1 terus 1 lagi.

  7. vandy

    halo mas pri… (sorry sok akrab)

    saya juga pengguna telkomsel flash unlimited dengan menggunakan modem HP (sonyericsson W910i). waktu itu saya coba-coba untuk mengkosongkan APN nya dan anehnya koneksinya tidak ditolak, internetnya masih terus jalan, waktu dicoba diisi indosat tetap masih terus jalan.

    Padahal waktu saya coba jalankan menggunakan paket GPRS biasa (non flash unlimited) waktu APNnya selain menggunakan nama telkomsel koneksi langsung ditolak. Tapi begitu FLASH UNLIMITED ini aktif kok walaupun APNnya salah koneksi masih tetep diterima. ANEH YA? BETUL2 UNLIMITED TIDAK YA? takutnya ada biaya diluar kehendak yang dibebankan ke tagihan, soalnya halo ceknya kan tidak bisa diaktifkan. Jadi tidak bisa dicek sewaktu-waktu.

    Masalah kecepatan flash yang cuma segitu-gitu aja itu sih hanya dari setting-an pada komp. mas coba deh di network connection untuk profile default koneksi yang digunakan modem ratenya dinaikkan nanti juga naik status di komp.nya mas cuma di browsernya juga ya tetep aja nggak ngaruh. Klo mo cepet jangan 3G soalnya di OPERA BROWSER juga cuma naik 5KB/s saja, coba HSDPA n memang2 benar2 di daerah yang terkover jaringan HSDPA yang baik, nanti juga merasakan wush2nya….

    masalah APN saya tunggu kabarnya ya mas, apa anda sama dengan saya?

    YM saja saya: vagree15@yahoo.com

    thanks

  8. Eh, ini telkomselnya sistemnya apa belom siap yah?? rasanya habis 3GB speed-nya malah naek sampek stabil kira2 150KBps (Kilo Bytes) -an. Moga-moga aja gini terus :p

  9. vandy

    @jaka

    udah ditelpon klo udah aktif lom telkomsel unimitednya? duh kok aneh ya klo di aku APN nya diganti koneksinya nggak ditolak ama sekali….

  10. vandy

    @jaka

    soalnya klo lom ada konfirmasi berarti lom aktif…. sampe sekarang saya masih takut klo INI PAKET BENER2 UNLIMITED ATO NGGAK masalahnya ya itu aneh KLO APN nya diganti kok nggak ngaruh koneksi nggak jalan harusnya kan klo nggak sesuai ya ditolak… KALIAN SAMA?

  11. paket 125rb sebulan kan 256kbps (GPRS)
    paket 250rb sebulan kan 512 kbps (3G)
    paket 400rb sampai 3,6gb (hdspa) apa ada yg ambil akses ini ? gimana kecepatan dengan yg paket ini?
    mohon komentarnya? apakah wuzs…wusz……..

  12. Aditya Gana

    numpang tanya ya mas

    saya kemarin udah daftar paket ini, dan udah dapat konfirmasi

    sudah diisi APN “internet” HP saya (SE w800i) ga mau konek. padahal udah saya isi extra setting AT+CGDCONT=1,”IP”,”internet”
    sepeti yang mas bilang.

    padahal sebelum2 ini biasa pake telkomsel flash dengan APN “flash” bisa2 aja tuh konek.. kenapa ya?

    makasih.

  13. Aris Priyantoro

    @Aditya
    Kok aneh ya. Normalnya dengan setting seperti itu sudah bisa. Apa disitu dapet sinyal GPRS biasa? Kalo iya ada kemungkinan bts sekitar itu sedang penuh.

Leave a Reply