Home > Cellular > Testimonial: Telkomsel Flash Unlimited

Testimonial: Telkomsel Flash Unlimited

Dalam postingan sebelumnya saya menulis tentang Telkomsel flash unlimited. Sekarang ini saya menulis testimonial tentang telkomsel flash unlimited.

Pendaftaran
Bisa dikatakan saya sangat beruntung mengenai pendaftaran layanan ini. Saya hanya menghubungi kontak person untuk telkomsel Bali dan mengatakan akan mendaftar layanan ini(paket yg basic) dan mendaftarkan kartu halo baru. Saya telepon sebelum lunch dan petugas tersebut mengatakan akan ke kantor saya sekitar pukul 4. Saya diminta menyediakan fotocopy identitas dan surat keterangan bekerja dari kantor.

Tepat pukul 4 petugas tersebut datang ke kantor, sambil membawa persyaratan yang diminta saya dan beberapa teman kantor menemui petugas. Setelah mengisi formulir, saya diminta memilih nomor yang tersedia dan saat itu juga kartu halo saya sudah dapat digunakan. Untuk paket internet saya diminta menunggu konfirmasi(untuk aktivasinya) dari petugas tersebut keesokan harinya. Saya harus menunggu lebih dari 1 hari karena keesokan harinya ada masalah dengan sistem telkomsel, jadi aktivasinya ditunda.

Pemakaian
Kamis malam saya mencoba layanan ini setelah siang harinya mendapatkan kabar bahwa layanan internet unlimited saya sudah diaktifkan. Koneksi saya menggunakan HP K618i (sudah 3G), setelah mengatur APN menggunakan internet didapatkan koneksinya sebesar 115.2 kbps. Kok aneh ya, padahal saya mendapatkan sinyal 3G dengan bagus. Kalau hanya mendapatkan kecepatan 115.2 kbps sih bukan 3G, kecepatan ini masih masuk GPRS/EDGE. Ya sudah, anggep saja jaringan lagi penuh, saya terus tidur.

Malam sabtu sebelum main futsal saya mencoba konek lagi menggunakan modem HSDPA di komputer teman dan hasilnya tidak jauh beda. Ya sudah, main futsal saja lah. Setelah pulang main futsal di The Balls sunset road saya mencoba lagi menggunakan HP jadul jagoan saya yaitu t68i. Hasil yang didapat juga tetap 115.2 kbps. Jadi kesimpulan saya, apapun modem yang digunakan entah GRPS/3G/HSDPA koneksinya tetap sebatas GPRS saja.

Koneksi sih cukup stabil, maksudnya stabil tidak pernah lebih dari 10-an KB/s, paling banter 11 KB/s. Berikut hasil pengukuran menggunakan speedtest.net untuk dua lokasi yang berbeda.

Sedangkan gambar berikut adalah grafik pemakaian internet menggunakan BitMeter II. Dapat dilihat dari grafik bahwa koneksi maksimumnya kurang lebih 9.9 KB/s.

Kesimpulan
Untuk pemakaian normal (browsing situs biasa bukan situs seperti youtube.com), dan bukan seorang downloader tentunya layanan internet unlimited ini layak untuk dipertimbangkan. Jangan terlalu banyak berharap kecepatan akan mencapai maksimal seperti dalam paket yang diambil karena untuk mencapai kecepatan maksimal banyak sekali faktor yang harus diperhatikan misalnya: jumlah pengguna dalam satu bts, interferensi, rule bandwidth yang sesungguhnya dari telkomsel, dll. Saya belum bisa membayangkan kecepatan koneksi ketika quota telah mencapai 3GB, apakah semakin parah atau tidak ada perubahan.

Update
Ini ada update speed, lumayan bisa mentok di 256kbps, malah lebih tinggi sedikit

You may also like
Tutorial Mengganti Charging Port Pada Galaxy Note 8.0
Upgrade Asus Padfone S (PF500KL) ke Lollipop 5.0
Alternatif Internet Unlimited selain Telkomsel Flash
StarOne Jelajah & Registrasi Internet via SMS

42 Responses

  1. andrie

    mas Aris speed cmn sgitu mungkin krn dptnya cmn sinyal GPRS, coba klo dpt sinyal 3G 1 bar aja.. soalna saya skr dpt sinyal cmn 1 bar, tp speed bisa 100kBps lbh.. cmn klo 1 bar ini rawan DISCONNECT!
    saya pakai paket BASIC lho..

  2. Yepe

    Mas Andrie jangan ngrembuk yang 3 GB dulu, lha sekarang untuk unlimitednya nggak 3 GB, tapi tinggal 500 mb (mulai 1 September 2009)nangis..,nangis….

Leave a Reply