Home > General > Jogja-Kutoarjo, naik kereta saja.

Jogja-Kutoarjo, naik kereta saja.

SawahKetika saya pulang kampung liburan Idul Adha kemarin saya berkesempatan mencoba sarana transportasi murah dan cepat.

Sekarang sudah dibuka rute baru untuk kereta api PRAMEKS (Prambanan Ekspress). Rute awalnya adalah Jogja-Solo, tetapi sekarang ada tambahan rute baru yaitu Jogja-Kutoarjo. Saya kurang tahu sejak kapan rute ini dibuka, tetapi katanya belum lama.

Rute baru ini hanya 2 kali dalam sehari, yaitu pagi jam 8.30 WIB dan Sore jam 15.00 WIB dari Jogja. Sedangkan dari Kutoarjo adalah jam 9.30 WIB dan 16.00 WIB.

Perjalanan dari Jogja – Kutoarjo dan sebaliknya hanya ditempuh selama 1 jam. Kereta hanya berhenti di stasiun Wates tidak lebih dari 5 menit.

Dengan tiket sebesari Rp. 10.000, selama perjalanan saya dapat menikmati suasana hijau (ya iyalah, khan lewat sawah rel-nya). Selain itu saya merasa nyaman dalam kereta walaupun kereta yang dipakai tidak bagus-bagus amat.

Saya sangat menyarankan untuk menggunakan sarana ini daripada menggunakan Bus Ekonomi dengan tarif yang sama tetapi penuh polusi, penuh sesak dan waktu tempuh bisa 2xlipat (sekitar 2 jam). Kalau menggunakan bus patas AC, tiketnya terlalu mahal. 🙂

Tapi sayangnya, kenapa tidak ada jadwal keberangkatan pagi jam 6 ya? (yang dari Kutoarjo) Apa karena kalau pagi keretanya dipakai untuk ke Solo dulu ya?

34 Responses

  1. susi

    punya jadwal lengkap Pramex? Jalur Jogja Solo dan kalau di Jogja dari stasiun Tugu? lalu.. kalau di solo brentinya di stasiun mana?
    maklum orang Surabaya ga ngerti mana2.
    Makasih yah..

  2. tyas

    Wah enak lagi kalau prameks dari kta ke yogya pagi jam 6 atau 6.30 balik lagi ke kta jam 5 sore ya….jadi aku bisa laju aja ……

  3. Horeeee..besok aku mau balik ke Kutoarjo, semoga dengan adanya kereta ini membuat pulang ke Kutoarjo makin mudah, kan bisa bolak balik ke Yogya dengan murah, jadi kalo turun di Adi Sucipto bisa pakai kereta Pramek ini.

  4. ehmmm..harapan mas aris terkabul sejak 11 maret 2008 jadwal Prameks nambah jadi 4x sehari. paling pagi berangkat 05.50 wib dari Kutoarjo. Saya dah nyoba Kamis kemarin..bayar ongkos 17ribu dah nyampe Solo tepat 08.00 WIB. Met mencoba..!!

  5. Oya..Jadwal selanjutnya 09.30, 15.00 dan terakhir 17.45 WIB. Jadi bisa nglaju lho…(bagi penglaju :-)!! tapi ada yang kurang mantab nih…kurangnya integrasi dengan moda transportasi lain dalam hal pesawat. Padahal depan adisucipto rel jalur Prameks membentang, tapi kenapa gak dibikin pemberhentian disitu..? Mudik naik pesawat makin asyiikk..n kagak ribet ! andai Dephub tau yang kumau

  6. Pingback : Aris Priyantoro in the Cyber » Blog Archive » Jadwal Kereta Api Prameks Yogyakarta-Kutoarjo-Yogyakarta

  7. Numpang tanya nih… saya cari temen alamatnya di dusun jasem wilayah kecamatan kutoarjo purworejo. Apa emang ada dusun itu ? mohon infonya kalau ada yang kenal baik wilayah kecamatan kutoarjo.
    Tks

  8. kurniawan

    saya pernah coba naik pramek dari kutoarjo ke yogya lumayan cepat cuma 1 jam sampe tugu, saya mau tanya jadwal pramek baik dai kutoarjo menuju yogya atau sebaliknya? ada yang tau nga?

  9. wahyu

    thankzz yau mas…
    bsk meh k jgja naik pramek nee…
    jd tau jdwalnya gthu…
    thankzz for all…..
    goodluck dah!!!
    cipzz……

  10. tito

    Mas Aris,

    No hpmu piro, aku lagi arep ngumpulke wong purworejo di jakarta dan bikin paguyubane ben ada tali silaturahmi satu sama lain.

    suwun.

  11. trie

    wah, kalo ngomongin pramek itu antara sedih dan seneng. sedih ( dulu pas kerja di jogja belum ada jd belum iso ngrasakno ), seneng ikut bangga sarana transportasi lebih mudah, murah, cepet. rumahku dekat tasiun kta. salam buat pramek mania

  12. Mas Aris, mau numpang ngasih informasi boleh mas?
    Begini, Akan diadakan Halal Bihalal [Silaturahmi] WONG THORJO, di TMII anjungan Jateng, pada tgl 25 Oktober 2008, mulai jam 11.00 WIB.
    Tiket dan informasi lebih lanjut bisa menghubungi saya di nope 0815.8706676. Tempat terbatas.

    Maturnuwun sanget mas Aris…

    Tomblock

Leave a Reply