Home > General > Jogja-Kutoarjo, naik kereta saja.

Jogja-Kutoarjo, naik kereta saja.

SawahKetika saya pulang kampung liburan Idul Adha kemarin saya berkesempatan mencoba sarana transportasi murah dan cepat.

Sekarang sudah dibuka rute baru untuk kereta api PRAMEKS (Prambanan Ekspress). Rute awalnya adalah Jogja-Solo, tetapi sekarang ada tambahan rute baru yaitu Jogja-Kutoarjo. Saya kurang tahu sejak kapan rute ini dibuka, tetapi katanya belum lama.

Rute baru ini hanya 2 kali dalam sehari, yaitu pagi jam 8.30 WIB dan Sore jam 15.00 WIB dari Jogja. Sedangkan dari Kutoarjo adalah jam 9.30 WIB dan 16.00 WIB.

Perjalanan dari Jogja – Kutoarjo dan sebaliknya hanya ditempuh selama 1 jam. Kereta hanya berhenti di stasiun Wates tidak lebih dari 5 menit.

Dengan tiket sebesari Rp. 10.000, selama perjalanan saya dapat menikmati suasana hijau (ya iyalah, khan lewat sawah rel-nya). Selain itu saya merasa nyaman dalam kereta walaupun kereta yang dipakai tidak bagus-bagus amat.

Saya sangat menyarankan untuk menggunakan sarana ini daripada menggunakan Bus Ekonomi dengan tarif yang sama tetapi penuh polusi, penuh sesak dan waktu tempuh bisa 2xlipat (sekitar 2 jam). Kalau menggunakan bus patas AC, tiketnya terlalu mahal. 🙂

Tapi sayangnya, kenapa tidak ada jadwal keberangkatan pagi jam 6 ya? (yang dari Kutoarjo) Apa karena kalau pagi keretanya dipakai untuk ke Solo dulu ya?

34 Responses

  1. Eko Kurniawan

    Pelayanan yang Sampun Luwes Ditingkatkan, yang kurang di perbaiki, agar para pecinta Ular Besi ini makin cinta, salam buat Para pecinta transportasi masal, juga kru PT KAI Emuu…aaH ! Eko Kurniawan Klaten

  2. Aris Priyantoro

    @Manto
    Tidak perlu ganti kereta pak. Beli tiket langsung tujuan Solo, nanti keretanya langsung sampe Solo kok.

    @Agung
    Wah mas, Saya dari desa Pituruh asli

  3. roro

    wahh sy jd inget wktu kelas 3 sd diajak ortu ke Kutoarjo….! mbah saya ada disana dr sebelah bapak. sy skrg ada di palembang….! jd pengen ke kutoarjo lg niy

Leave a Reply