Home > Styles > mosh.nokia.com

Kamis lalu, saya mendapatkan invitation untuk mendaftarkan diri di community site miliknya nokia.com. Nama komunitasnya adalah MOSH beta. Mosh sendiri singkatan dari mobilize and share.

Berhubung hari itu saya sibuk baru Jum’at saya lihat situsnya. Kesan pertama kok hanya ikut-ikutan. Habisnya, modelnya mirip dengan multiply.com. Walaupun sudah mengikuti banyak situs komunitas sejenis tetap saja saya daftar, entah nanti dipakai atau tidak.

Masuk ke dalam control panel, kesannya masih biasa saja, nothing special. Di komunitas ini kita bisa posting: Images, Audio, Video, Games, Application, dan Documents. Dengan model tagging yang sudah umum seperti di multiply.com, picasaweb.com, flickr.com dan situs-situs lain. Penggunaan ajax cukup minimail, ajax dipakai hanya untuk refresh blok-blok tertentu dengan interaksi pengguna tentunya. Sedangkan upload form masih menggunakan cara yang biasa, tidak seperti form upload dari friendster.com.

Satu hal yang bagus dari situs komunitas ini adalah adanya automatic web & mobile synchronization.  Fasilitas ini akan melakukan sinkronisasi situs dengan handset kita (berdasarkan nomor telepon yang kita tentukan sebelumnya). Saya tidak sempat mencoba cara ini karena pulsa mepet dan menurut saya tidak perlu.

Komunitas ini sejauh yang saya lihat sih bebas iklan, dan tentu saja tidak ada google adsense :). Selain itu soal virus sepertinya komunitas ini akan bebas virus, lha wong dikawal oleh MCAfee antivirus (tapi nama besar bukan jaminan :D).

4 Responses

Leave a Reply