Home > Teknologi > Web-based HTML editor (WYSIWYG)

Web-based HTML editor (WYSIWYG)

Sekarang banyak sekali aplikasi-aplikasi opensource yang berbasis web. Pada umumnya mereka menggunakan Web-based HTML editor untuk mempermudah user dalam memanipulasi content. WordPress yang saya pakai ini misalnya menggunakan tinyMCE.

WYSIWYG ini sangat memudahkan user karena behavior yang mirip sekali dengan aplikasi Office (seperti Microsoft Office, Openoffice.org, dll) yang sudah sangat lazim dipakai. Tulisan mau dibuat miring? Tinggal diblok terus pilih italic. Mau dibuat tebal? Blok kata/kalimat yang dimaksud terus pilih bold.

Pada awal mengenal web, Web-based HTML Editor yang saya ketahui hanya HTMLArea saja. Tetapi sekarang ini HTMLArea sepertinya sudah tidak disupport lagi untuk versi bebasnya. Dan saat ini, sudah sangat banyak Web-based HTML Editor yang memberikan alternatif bagi kita semua, baik yang berbayar ataupun yang bebas (tidak berbayar).

Berikut ini daftar Web-based HTML Editor yang dapat Anda gunakan secara bebas (bukan berarti boleh dikomersialkan loh ya, lihat lisensi masing2 untuk detailnya)

fckEditor (http://www.fckeditor.net/)

Menurut saya ini adalah editor yang paling terkenal. Fasilitas lengkap, control untuk manipulasi tampilan, fasilitas upload file (mendukung beberapa bahasa pemrograman seperti php, asp, dll), Kompatibel di 4 browser utama (IE, FF, Mozilla, Netscape), Safari sekarang juga didukung (nightly build).


tinyMCE (http://tinymce.moxiecode.com/)

Editor yang satu ini dipakai oleh wordpress untuk web-based HTML editor mereka. Ukuran file lebih ringkas daripada fckeditor. Load pertama kali lebih cepat daripada fckEditor. Tetapi sayangnya editor ini tidak memiliki fasilitas upload & file manager (Fasilitas ini dikomersialkan). Kompatibilitas dengan browser lebih baik dari fckEditor, tinyMCE support: IE, FF, Netscape, Mozilla, Opera, Safari.

RTE (http://www.kevinroth.com/rte/)

Editor ini cukup kecil jika dibandingkan dengan editor-editor sebelumya. Cuma sayangnya kita harus membelinya agar dapat dioprek-oprek lebih lanjut. Secara umum editor ini patut digunakan.

openWYSIWYG (http://www.openwebware.com/products/openwysiwyg/)

Hampir seringan RTE. Tetapi editor ini sepertinya lebih lengkap kontrolnya daripada RTE. Integrasi dengan web cukup mudah. Browser yang didukung adalah IE, FF, Netscape, Mozilla.

Wyzz (http://www.wyzz.info/home_page.html)

Saya baru tau editor ini baru-baru ini, belum sempat mencoba explore lebih lanjut. Sepertinya cocok untuk editor yang sifatnya basic.

WYMEditor(http://www.wymeditor.org/en/)

Editor ini meng-claim support standar XHTML. Saya tidak tahu banyak tentang editor ini karena baru tahu.

Ada lagi yang lain?

11 Responses

  1. Kalau tidak salah, Movable Type akan menggunakan WYMEditor sebagai rich editor-nya… sepertinya melihat markup yang dihasilkan, HTML editor yang satu ini cukup menjanjikan ya…

  2. Pingback : ソファカバー ソファーカバー 3人掛け 3人用 ジャガード ジャガード織りフ

  3. Pingback : カーメイト GIGA DUALX 純正交換HIDバルブ D2R/D2S共通 6000K デュアルクス パーフェクトスカ

Leave a Reply