Home > Teknologi > Pingin Mencoba Zend Framework

Pingin Mencoba Zend Framework

Saya kenal PHP tahun 2000, itu hanya script kiddies, comot sana-sini yang penting guestbook jalan. Waktu itu belum ngerti pemrograman web sama sekali. Seingat saya, dalam membuat guestbook waktu itu masih menggunakan file text, belum mampu konek ke database.

Sekarang, saya juga belum kenal PHP dengan baik. Terus ngapain aja selama ini? Ya… kurang tau ya… yang pasti saya merasa belum ada apa-apanya daripada Jago-Jago PHP di milis PHPUG. Tidak ada planning tertentu yang membuat saya meningkatkan skill didunia PHP, yang ada hanyalah mengikuti arus… 😀

Pagi ini buka-buka planet terasi, ada postingan dari Om Eris yang sudah Zend Certified tentang Production Release Zend Framework versi 1.0.0. Melihat hebadnya si Om dengan sertifikasinya dan nama besar Zend, saya jadi berfikir untuk sekali-kali mencoba mencicipi rasanya menggunakan frameworknya Zend. Siapa tahu setelah mencicipi bisa merasakan nikmatnya itu framework. Dan kalau sudah merasa cocok, kenapa tidak mengambil sertifikasi untuk framework Zend khan? Inget loh, baru 3 orang yang mempunyai sertifikat dari Zend, jadi kesempatan karir pasti sangat bagus.

Udah ah, download framework dulu dan juga dokumentasinya. Nanti malam kalau sempet dicobain.

5 Responses

  1. Gimana kalau belajarnya sambil membuat CMS sederhana pakai Zend. Saya kira jika itu selesai maka seluruh pelajaran ttg zend framework bisa dikatakan selesai.

    Sebenarnya ada maunya nih, kalau ada contoh saya belajarnya bisa cepat he.. he… Soalnya sudah download tapi belum saya pelajari. Saya sendiri belum dapet contoh penggunaan ZF nih.

    Saat ini yang saya coba-coba agak serius CI, soalnya lebih simple dan fleksibel diantara yg lain.

  2. Aris Priyantoro

    Rencananya memang seperti itu Om. Tapi waktu dan semangatnya masih terbatas. Jadi sampai sekarang baru dilihat-lihat dulu.

    Wow, makenya Code Igniter ya? Apakah lebih mudah daripada Zend Framework?

    Semoga saja saya ada kesempatan mencobanya 🙂

  3. Pingback : Aris Priyantoro in the Cyber » Blog Archive » Sertifikat dari Microsoft

  4. wow… hebat ikutan zend ya… didoain semoga lulus ya… jangan lupa bagi2 ilmunya..

    boleh dunk mas guide nya persiapan untuk ikud sertifikasi sekelas zend untuk php

    oh iya sebelumnya salam kenal mas..

Leave a Reply