Home > Personal > Instruktur Training PHP

Pindah kerja ternyata tidak jauh-jauh juga dari PHP. Padahal awal diterimanya di kantor yang baru saya ditempatkan di stream Microsoft. Tapi itu bukan masalah, apapun development tools yang dipake, yang penting khan bisa dan mengerti 😀 (padahal saya juga belum paham).

Tiga bulan lalu kantor merekrut banyak karyawan baru(fresh graduated) sekaligus. Karyawan baru tersebut harus menjalani induction course selama 3 bulan pertama. Materi-materi induction course sama dengan induction course untuk new hires sebelum ini, tetapi ada tambahan materi PHP. Beruntung sekali saya satu-satunya karyawan yang mempunyai kompetensi di PHP (bukan berarti mahir apalagi ahli).

Training PHP dijadwalkan pada pertemuan terakhir (sebelum simulasi proyek) selama 3 hari. Jadwal trainingnya adalah 8, 11, 12 Juni 2007.

Sudah lama saya tidak menjadi trainer/instruktur terakhir kalo tidak salah bulan Mei 2006 waktu itu materinya kalo tidak salah Security Jaringan di Linux. Awal-awal membawakan materi agak grogi juga sih, karena saya tidak tahu profile dari masing-masing peserta. Tetapi seiring berjalannya waktu, saya bisa juga membawakan materi dengan baik (baik versi saya, bukan berarti baik versi peserta).

Materi yang diberikan adalah dasar-dasar PHP, kebetulan silabus nya saya juga yang menyusun. Materinya antara lain: Konfigurasi Apache & PHP, Sintaks dasar, Struktur kontrol, Fungsi-fungsi (file, session, header, GD, XML, PDO, dll), OOP di php 5.

Dengan jatah waktu hanya 3 hari rasanya materi cukup padat, sehingga penyampaian materinya harus benar-benar pas sesuai jadwal.

Sejauh yang saya lihat, peserta cukup antusias walaupun seringkali disambi mengerjakan tugas dari training hari sebelumnya (ASP.NET). Setiap latihan yang saya berikan akan dikerjakan langsung di kerjakan di text editor masing-masing. Mereka akan bertanya apabila ada baris-baris / flow yang kurang dimengerti.

Waktu final test, saya memberikan 4 buah soal. Dua soal teori, dua soal praktek. Soal praktek yang pertama tentang manipulasi file. Soal lainnya manipulasi data menggunakan PDO (PHP Data Objects). Saya memperkirakan waktu untuk mengerjakan akan cukup untuk mengerjakan 4 soal tersebut. Setelah saya tambah 30 menit, ternyata hanya 80% saja yang dapat menyelesaikan keempat soal tersebut.

Selesai training, sehari berikutnya adalah koreksi final test. Cukup asyik juga, walaupun beberapa peserta tidak mengerjakan sesuai perintah (Mereka yang ga bisa atau English saya yang salah ya di soalnya?). Overall hasil dari mereka cukup bagus, tidak sampe 25% yang mendapatkan nilai dibawah B.

Kalau dipikir-pikir asyik juga menjadi Trainer, kita dapat menularkan ilmu yang kita miliki (walaupun sedikit), bisa bersosialisasi, dan juga kepuasan yang didapat waktu mengajar.

4 Responses

  1. Marcel

    Mas, boleh share tidak silabusnya ?
    dan dimana tempat training PHP dan Mysql di jakarta yang bagus ?

    Thanks,
    Marcel

Leave a Reply