Home > Teknologi > Multiple browsers in a Computer

Multiple browsers in a Computer

Bagi web developer ataupun web designer, browser adalah hal penting. Membuat suatu user interface yang compatibel dengan hampir semua browser modern adalah hal yang tidak mudah. Tidak mudah bukan berarti tidak bisa khan?

Untuk membantu kompatibilitas tampilan pada banyak browser, kita perlu mencobanya langsung di browser tersebut khan? Tetapi bagaimana caranya menginstall misalnya Internet Explorer dari versi 3,4,5,6 dan 7 dalam 1 komputer? Bagaimana caranya menginstall firefox versi 0.xx, 1.0.xx, 1.5.xx, dan 2.0.xx. Sebagai catatan, semua yang dipaparkan disini hanya untuk versi windows (bukan yang lain).


Internet Explorer versi 3-7

Untuk mendapatkan internet explorer dari versi 3 sampai versi 7 di komputer anda, caranya sangat mudah. Pertama, pastikan komputer anda sekarang menggunakan Internet Explorer versi 7 (di install dong tentunya). Setelah secara default internet explorer anda menggunakan versi 7, kemudian download aplikasi Multiple-IEs. Jangan lupa diinstall setelah download selesai. Jadilah sekarang komputer anda mempunyai browser Internet Explorer dari versi 3 – 7.

Firefox 0.xx – 2.0.xx

Cara instalasi firefox berbagai versi dalam satu komputer dapat dilirik di htmlcenter. Apabila anda tidak mempunyai installernya, anda dapat mendownload nya di oldversion.com atau di filehippo.com.

Safari

Sekarang apple.com membuat browser safari untuk sistem operasi windows. Silahkan dilirik disini.

Opera

Untuk browser opera, dapat di lihat disini.

Mungkin ini saja browser yang umum digunakan (menurut saya). Untuk browser lain cukup banyak, tetapi tidak sebanyak browser-browser diatas. Diantaranya seperti:
Maxthon
Flock
Netscape Navigator
Dll

Untuk membuat kompatibel dengan browser-browser tersebut, sudah cukup pusing bukan ?

5 Responses

  1. Thanks! Saya barusan perlu untuk testing website satu customer yang ngotot IE-only *sigh.. 90’s banget euy*, belum sempat google sudah nemu artikel ini 🙂
    Terimakasih.

  2. Aris Priyantoro

    @Harry
    Kebetulan juga saya lagi develop yang butuh testing di multiple browsers

    @Paydjo
    Yo kamu nulisnya khan mesti dengan view yang beda. Gpp tulis ajah..
    Gimana kabarnya Djogja nih?

Leave a Reply