Home > Personal > Memulai menulis

Sore kemaren saya diberi tugas oleh PM untuk membuat dokumen yang menjelaskan tentang skrip yang saya buat. Skrip nya sederhana sih, cuma tentang komunikasi antara ASP dan PHP menggunakan web service (asp menyediakan service, php menggunakan servicenya).

Saya sudah beberapa kali membuat dokumen tentang hal seperti ini dalam bahasa Indonesia. Dengan bahasa Indonesia saja seringkali mengalami kesusahan dalam menyampaikan maksud kita ke dalam bahasa yang dimengerti orang awam.

Sedangkan tugas ini harus menggunakan bahasa Inggris. Begitu disuruh sudah puyeng, maklum modal english yang super pas-pasan. Udah kebayang gimana susahnya membuat dokumen ini. Malah sempet berfikir, mending coding daripada membuat dokumen menggunakan bahasa Inggris.

Pengetahuan bahasa Inggris selama ini hanya pasif saja, seperti mendengarkan Big Boss ngobrol, RTFM, membaca email dari client dan lain-lain. Sekarang dipaksa untuk menulis (belum disuruh ngomong).

Membuat dokumen tersebut bukan hal yang mudah, saya harus memikirkan kalimat demi kalimat agar terangkai dengan baik. Kemudian mengecek spelling-nya, tidak lupa untuk menggunakan spelling Australian.

Btw, alhamdulillah dokumen yang diminta PM bisa dipenuhi walaupun penuh perjuangan mikir kalimat demi kalimat agar tidak malu-maluin. Akhirnya dengan tidak percaya diri, kirim email ke PM menyampaikan hasil kerja. Eh, sama PM dibalikin lagi, ternyata komposisinya masih kurang beberapa. Setelah melengkapi kekurangan, akhirnya PM menyetujui.

Leave a Reply