Home > Styles > Membeli Gadget lewat Internet

Membeli Gadget lewat Internet

Membaca posting dari Om Benny Chandra disini saya jadi pingin menceritakan tentang kebiasaan membeli gadget lewat internet.

Sudah sejak tahun 2005 saya seringkali membeli barang-barang terutama gadget(handphone, pdaphone, camera digital, handycam, etc) lewat internet.

Sebelum menentukan membeli barang ada beberapa hal yang harus dikerjakan:

Tentukan kebutuhan
Misalnya mau beli camera digital. Kita harus tau, kebutuhan kita yang seperti apa. Misalnya kita pingin pocket camera. Tetapi pocket camera tersebut bisa manual. Pinginnya menggunakan SD Card sebagai media penyimpan. Optical Zoom nya minimal 3x. Waterproof bukan utama. dll

Dari kebutuhan tersebut kita survey terlebih dahulu di situs-situs yang terkenal bagus dalam memberikan review dari produk tersebut. Kalau untuk camera ke http://www.dpreview.com/, www.steves-digicams.com dan lain-lain. Pastikan dengan review-review tersebut kita mendapatkan list barang yang sesuai. Apa kelebihan dan kekurangannya.

Tentukan budget
Setelah mendapatkan daftar barang-barang yang sesuai harapan selanjutnya kita harus menentukan budget. Seberapa besar dana yang mau dikeluarkan untuk barang tersebut. Cobalah survey ke situs-situs penjualan online yang cukup terpercaya seperti ke bhinneka.com, dan fastncheap.com. Kalau camera bisa ke jpckemang.com, tokocamzone.com, etc.

Beli baru / second
Setelah menentukan budget, tentunya sudah dapat diketahui barang-barang mana yang yang mampu terbeli dengan budget itu. Nah, gimana kalau pingin mendapatkan barang yang lebih dengan harga sesuai budget? Salah satu caranya ya membeli used gadget (baca: second).

Untuk membeli barang-barang second gampang-gampang susah, apalagi lewat internet. Untuk mendapatkannya kita harus ikut di komunitas tersebut, misalnya forum ataupun mailing list. Yang saya tahu, Gadtorade adalah milis yang OK untuk jual/beli gadget, seringkali ada offer barang-barang dengan harga yang miring. Yang perlu diingat ketika hunting di suatu komunitas adalah pahami rule dari komunitas tersebut, karena tiap komunitas pasti punya kebiasaan yang berbeda.

Garansi
Garansi merupakan suatu hal yang penting dari gadget. Dengan adanya garansi kita akan dimudahkan untuk memperbaiki barang tersebut di dealer resmi. Pastikan jenis garansi dan berapa lama garansi untuk barang yang akan kita beli.

Beli ditempat terpercaya
Langkah terakhir adalah membeli ditempat terpercaya. Sebelum membeli pastikan dulu situs-situs mana yang bisa dipercaya.
Kalau membeli di komunitas maka pastikan bahwa yang menjual dapat dipercaya. Caranya? Cari semua posting dari seller, perhatikan kalau ada komplain ataupun rekomendasi. Kalau masih belum yakin, bisa minta tolong ke teman sekota dengan seller di komunitas tersebut untuk membantu mengecek. Selain itu dimasing-masing komunitas biasanya ada mekanisme transaksi yang aman, kita juga bisa menggunakan cara tersebut.

Pengiriman
Dari langkah-langkah diatas, kita sudah mantap dan yakin bahwa barang menang benar dan bagus kualitasnya (sesuai bayangan kita), tetapi masih ada satu faktor lagi yang kadang diluar dugaan yaitu jasa ekspedisi. Dalam beberapa kasus, Seringkali barang diterima dari jasa ekspedisi dengan keadaan tidak utuh, barang kosong, barang menjadi rusak berat, dll. Dan hal tersebut memerlukan waktu dan tenaga ekstra untuk mengurus klaim (itu kalau bisa). Oleh karena itu, pastikan dari pihak pengirim untuk menggunakan jasa ekspedisi yang dipercaya, selain itu sangat dianjurkan juga untuk meng-asuransi-kan pengiriman tersebut.

Sudah mengikuti langkah diatas kok masih juga kecewa? Kalau begitu Anda kurang beruntung. Banyak-banyak berdoa saja, semoga transaksi kita akan sukses.
🙂

12 Responses

  1. hunting –> waktu!

    cara perburuan dan barang second
    ber-resiko lebih tinggi
    dan ngabisin waktu.

    ngebaca review dan mempelajari
    perilaku komunitas (seperti
    saran di artikel)
    mengurangi masalah.

    trims.

  2. @Bojes:
    Wedew, ponseljakarta mah ga bisa dipercaya. Karena ponseljakarta hanya tempat untuk pasang iklan. Wajib hati-hati transaksi lewat ponseljakarta, sudah banyak keluhan tentang itu di milis. Kalo bisa sih, minta tolong perantara untuk ngeliat kondisi barangnya (biasanya deskripsinya ga cocok sama kondisi real nya).

  3. Sebelum anda membeli handphone, PDA atau smartphone lainnya, jangan beli sebelum anda mengunjungi website http://www.cellulardiary.com yang merupakan sebuah portal handphone di Indonesia, anda bisa mencari spesifikasi lengkap handphone tersebut dan mengetahui harganya serta dapat bertanya dengan pengunjung lainnya apakah ponsel tersebut layak dibeli atau tidak.

    Selamat mencari handphone kesukaan anda

  4. Riana

    Hai…
    aku lg nyari data gadgeters yg bersedia ngisi polling or quest mengenai gadget, bagi yg minat bs kirim ke alamat email ku mengenai data pribadi n alamat emailnya thx …

  5. I wish to express thanks to the writer just for rescuing me from this matter. Right after surfing around throughout the the net and coming across suggestions that were not pleasant, I assumed my life was done. Existing minus the answers to the difficulties you’ve solved by means of your guide is a serious case, and the ones that could have in a wrong way damaged my entire career if I had not discovered the website. The skills and kindness in playing with all things was helpful. I’m not sure what I would have done if I hadn’t come across such a solution like this. I’m able to at this point relish my future. Thanks for your time very much for this impressive and sensible guide. I won’t think twice to propose the blog to any person who would need counselling about this matter.

Leave a Reply