Home > Personal > Ke Pasar Sukowati

topiHari minggu kemaren saya pergi ke pasar Sukowati di Gianyar Bali. Pergi kesana karena ada pesanan beli kipas dari kayu cendana, tas manik-manik dan topi rajut. Semua pesanan tersebut akan dipakai oleh cewek.
Sebetulnya ada beberapa kesulitan untuk mendapatkan barang-barang tersebut, apalagi belanja di pasar Sukowati.

tasPertama: Saya tidak bisa menawar.
Untuk bisa mendapatkan harga yang semurah-murahnya, kita harus menawar dengan kejam. Standar harga yang bisa dikatakan normal adalah 50% dari harga yang ditawarkan. Bahkan temen saya (Om-om) yang sudah punya anak 3, sanggup meladeni sang penjual hingga dapet potongan sampe 70% :-o.

Kedua: Saya tidak tahu barang yang bagus.
Pesanan diatas adalah barang-barang yang jarang saya temui, tidak tahu mana yang bagus dan tidak bagus, apalagi tahu harga normal-nya.

Ketiga: Saya tidak tahu selera yang pesan.
Tiap orang pasti mempunyai standar yang berbeda dalam memandang sesuatu. Apalagi ini soal barang. Cara pandang cowok dengan cewek juga beda. Cowok mungkin lebih memilih barang yang bersifat macho. Cewek suka sama yang lucu-lucu, kalem, mencolok mata. Untuk menyamakan persepsi, akhirnya saya dipandu dengan sms yang panjang lebar, sampe bingung membayangkan bentuknya seperti apa.

Keempat: Saya malas melihat semua stand.
Hal yang membuat males kalau jalan-jalan membeli barang bersama cewek adalah menyisir semua stan, tanya sini tanya sana baru kemudian kembali ke stan yang paling murah. Selain membuat capek, juga buang-buang waktu.
Tetapi akhirnya, dalam setengah jam di dalam pasar Sukowati saya mendapatkan barang buruan saya berdasarkan panduan sms (make treo 600, jadi mudah untuk liat archive sms-nya, scroll atas/bawah).

Wah…. leganya, walaupun ada satu kriteria yang tidak terpenuhi… ga papa deh, yang penting udah usaha.. 😀

______
Btw, ada suatu tempat dimana hampir semua barang yang ada di pasar Sukowati dijual juga di situ. Dengan harga pass, bisa pilih sepuasnya karena tidak ditawar-tawarin oleh penjualnya, minta dibuatin nota, bayar, pulang dengan nyaman. Tempat itu adalah Toko Erlangga 2 (bukan promosi lhoo). Lokasinya di Teuku Umar Denpasar (alamat tepatnya lupa).

16 Responses

  1. Dedhi

    Kalo yg udah lebih terpilih dan harga relatif sudah lebih mahal namun tidak rese, jl. ke Double Six, Kuta. Eh nama aslinya Jalan Arjuna ya kalo gak salah

  2. Anna

    Ass. Ris, aku tdk akan mengomentari kamu ke pasar sukowati. Kamu mash ingat aku tdk? Tmn SMA seangkatan bahkan pernah sekelas kalau tidak salah. Wah kamu hebat sudah di bali skrg. Kemana saja teman-teman kita yang lain? Aku sama sekali tidak tahu jejak teman-teman kita. Wass.
    Anna.

  3. Anna

    Ass.

    —-edited—-
    Eh mbok aku dikasih alamat emailmu aja. Aku nemu website ini ga sengaja, iseng2 buka2 milis anak2 sma.

    —perasaan alamat imel saya ada di sebelah kanan (index)—

    Wass.
    Anna

  4. aris

    Waduh Mbak, kemaren udah saya japri je.. 🙂 apa masuk bulk ya (yahoo terlalu sensi kali ya).

    Ya udah saya japri lg… atau kalo enggak ke imel saya yg ini ya aris.py (at) gmail.com

  5. indy

    mas aris, saya langsung to the point ajha ya ne ma mas aris..
    saya mo nanya, mas jualan barang2 yang ada di sukowati ya???
    kebetulan saya lagi nyari supplier buat bisnis kecil2an saya..modal masih terbilang cukup sedikit de…tapi saya pengen jualan yang ada di sukowati. kebetulan saya punya kenalan di bali juga yang bs dimintain tolong buat nyari2 ke sukowati, tapi saya rasa itu kurang praktis ya…sampai akhirnya saya ketemu website mas,tanpa disengaja..itu gimna ya?bs?klo bs, gmn bntuk krjasamanya?bls ke email aku ya mas…..

  6. aris

    @indi

    waduh… tapi sayangnya saya tidak punya relasi yang bisa supply barang dari bali (maklum saya baru aja tinggal disini).

  7. Erlangga itu klo gak salah dari teuku umar ke simpang siur terus belok kiri itu ya?
    Disana emang harganya pas semua, tetapi gak akan semurah di sukowati klo bisa nawar. Tapi cocok buat yg gak bisa / sungkan nawar :mrgreen:

  8. yosa

    mas, saya pengen beli souvenir nikah, barangnya ada dipasar sukowati, bisa gak ya saya ke distributornya langsung jadi gak lewat penjualnya lagi???

Leave a Reply