Home > Teknologi > Programmer Cewek

Jaman saya kuliah (pastinya di Ilmu Komputer, angkatan saya 100-an orang), di semester awal, hanya ada beberapa orang yang sudah tahu programming. Semester dua yang bisa programming menjadi berlipat. Semester selanjutnya bertambah dan bertambah lagi.

Dari pantauan saya, semasa kuliah tersebut tidak lebih dari 10 cewek yang kemampuan programmingnya bisa disejajarkan dengan cowok. Tetapi jauh lebih dari 10 cowok yang kemampuan akademisnya yang bisa disejajarkan dengan cewek.

Sekarang ini, di tempat saya kerja hanya sekitar 3/4 orang cewek yang jadi programmer diantara 30-an lebih orang cowok. Perbandingan yang jauh sekali bukan?

Nah, kenapa bisa begitu? Padahal IPK dari cewek kebanyakan tinggi lho. Atau mungkin karena cewek cenderung suka membaca textbook dan tidak berani mencoba? Atau emang cewek tidak ditakdirkan untuk jadi programmer? Atau kemungkinan lain?

???

12 Responses

  1. hehehehe napa ya ? saya juga heran

    apakah karna cewek gak suka mainan ? karena programming itu seperti permainan . mencari solusi , mencari algoritma yang pas , mengotak atik code dan sebagainya. saking asyiknya bermain kita sering lupa waktu dan makan . Ya nggak ?

    cewek bisa seperti itu gak ? menurut saya sulit kecuali memang sudah dididik seperti itu …

  2. Sekarang ini, di tempat saya kerja hanya sekitar 3/4 orang cewek yang jadi programmer diantara 30-an lebih orang cowok. Perbandingan yang jauh sekali bukan?

    bozz, itu rada ambigu. 3/4 itu tiga perempat ato tiga ato empat ??

    soalnya kalo tiga perempatnya programmer banyak dunk. mbok aku dikenalin satu 😀

  3. Cewek Programnya make PERASAAN jadi isinya MENANGIS atau KETAWA melulu 😀

    Jadi kapan selesainya, apalagi yang namanya PROGRAM di KRITIK sana dan SINI 😉

  4. hu hu hu…. mana programmer cewenya?? aku nyari programmer cewe setengah mati neeeeeehh…. beneran hampir mati nyari cewe yang bisa programming….

    klo ada mau dung kenalan….

    i_c_4_l[at]yahoo[dot]com

    itu ID YMku…. add yaaah.. pleaassee!!!!

  5. Ehm, salam kenal semuanya. Sbg seorg cewe, gw ga setuju klo dijudge klo “cewek tidak ditakdirkan jadi programmer”…coz i’m a programmer…itu tergantung dr ketertarikan org2 bukan masalah gender coi…

  6. wah, gwa 2x pengalaman kerja di perusahaan software konsultansi di Malaysia dan ternyata banyak bgt lho programmer cewek … Selain biasanya skill komunikasinya baik, mereka ternyata teliti bgt … Kadang-kadang gwa diomelin mereka gara-gara coding jauh dari standar … Di luar coding kayaknya sih masih kalah telak sama programmer cowok …

  7. Saya rasa, sampai kiamat pun cewek ga akan bisa sama dengan cowok, demikian pula sebaliknya. IPK cewek bisa jadi lebih dari IPK cowok karena kebetulan materi ujian pada saat kuliah ada yang bersifat hafalan. Namun programming itu adalah pekerjaan yang membutuhkan logika, kesabaran, ketekunan, keuletan dan keberanian. Ingat iklan sebuah produk deodorant “Cewek gampang bosen”. Orang yang gampang bosen mana bisa jadi programmer. Dan umumnya cowok lebih berani dari cewek karena kalo cowok penakut akan dibilang “cewek”. Programmer juga membutuhkan keberanian untuk mencoba, tidak sekedar membaca “text book”

Leave a Reply