Home > Personal > Install Solaris 10

Langkah instalasi seorang pemula di Solaris.

Persiapan:

– Partisi 10 GB pada posisi primary (sepertinya tidak bisa pada logical).
– 4 CD Instalasi Solaris, 1 Companion CD.
– Cemilan (soalnya lama instalasinya)

Spesifikasi komputer:

– Proc: Celeron 2.23 GHZ
– DDR: 256MB + 128 MB (Ramos)
– HD: 80 GB IDE
– VGA: Nvidia TNT2 32MB
– SC: AC’97

Pertama booting menggunakan CD (yg nomer 1 tentunya). Proses booting lancar, langsung muncul tampilan putih garis2 tipis, muncul initialing macem-macem sampe pada pilihan jenis tampilan instalasi, disitu ada 4 jenis: Interactive, Text Mode, dll(ga inget sih). Saya pilih nomer 1 dengan asumsi dapet tampilan grafis. Setelah menunggu lama disambi nonton TV akhirnya vga, keyboard, mouse terdeteksi diteruskan tampilan Grafis yang mirip dengan Linux.

Langkah selanjutnya dengan memilih language yang digunakan, saya select konsole nya trus ketik 0 enter. Muncul pop-up untuk instalasi, pilih jenis time, pilih region Java & Sumatra. Tentukan host dan password root, pilih jenis instalasi (custom), pilih paket yang diinstall (di cek semua kecuali Java Enterprise, soalnya ga donlot yg buat Java enterprise). Total instalasi sekitar 3 GB.

Kemudian pilih Storage, terus tentukan partisi mana dan berapa space yang akan dipakai, saya buat x86Boot 10MB, dan Solaris 11000 MB. Kemudian dilanjutkan pendistribusian partisi yang telah dipilih, disitu kita bisa menambahkan mount point yang lain ataupun mengubah default space nya. Setelah selesai akan keluar resume dari pilihan kita sebelumnya.

Langkah selanjutnya format file sistem dan instalasi, secara berurutan meminta CD 1 (restart), CD 2, CD 3, CD 4, Documentation CD (di skip, ga ada sih), CD Java Enterprise(ga diminta, lha wong ga di pilih kok tadi), Companion CD (restart).

Restart komputer akan muncul boot manager yang menurut saya bukan jamannya lagi (text mode, komposisi tidak menarik). Selesai booting komputer, akan muncul login manager yang bagus, dengan 2 pilihan desktop manager (CDE dan Java Desktop Manager (Gnome based)).

Masuk ke dalam desktop manager, terus bengong. Mo Ngapain ya? Eh, coba install StartOffice 7 berhasil dengan baik. Terus? Ga tau deh mo ngapain. Soundcard ga kedetek, LanCard Ga kedetek juga.

Ada yg punya manual step by step configuring Solaris 10 ? bagi dong…..

10 Responses

  1. Solaris 10 x86 ? Weh, lambat buanget. Aku install di Xeon 3GHz, RAM 1GB, HD 72GB SCSI, lambaaat bgt, mending nginstall windows 2003 aja deh. Tapi kalo memang butuh aplikasi spesifik utk Solaris, ya silakan aja. Kayaknya tetep aja Solaris belum bisa jalan optimal di platform non-SPARC.

  2. aris

    Kalo punya win2003 licence sih…mending itu… tapi instalasi solaris ini dalam rangka belajar mengenal. Pingin tahu seberapa beda dengan linux yg biasa saya pake, keunggulan dan kelemahannya…

  3. aku nginstall di komputer P4 2.6G trus ramnya cuman 512mb , ternyata gak begitu lemot2 amat .. sama aja lemotnya kalo aku nginstall RHEL 4AS di kompueter dengan speck yang sama .. 🙂

  4. Agus

    Bang Aris, mo tanya bisa gak Install solaris di komputer yang udah ada windowsnya (gak bisa d tinggalin, masih perlu), gmana cara nya? trus ngatru partisi dan lainnya gimana?

  5. kirnos

    mas mau nanya,kok solaris 10 py ku gk bisa booting? bisanya cm mask ke failsafe gk bs msk ke x windows.mhn beri petunjuk.! thx

Leave a Reply