Home > General > Using Fully OpenSUSE 10.0

Hari ini, di komputer ini, saya mendeklarasikan penggunaan openSUSE 10.0.

OpenSUSE adalah produk kelanjutan dari SuSE Novell sebelumnya. Pada Rilis distro kali ini, dibagi menjadi 2 jenis, yaitu OpenSUSE Evaluation dan OpenSUSE OSS (OpenSource Software).

OpenSUSE Evaluation
Jenis Distro ini terdiri dari 5 CD ISO atau 1 DVD. Paket ini menyertakan beberapa software propietary, antara lain: Acrobat Reader, NVidia Driver, Macromedia Flash Player, dll.

OpenSUSE OSS
Jenis distro ini hanya menyertakan software-software yang jelas-jelas Free dan Opensource atau dengan lisensi GPL.

General Overview
OpenSUSE 10.0 ini menurut saya lebih ringan dari versi sebelumnya. Kompatibilitasnya dengan hardware juga lebih baik, ini dibuktikan dengan langsung terdeteksinya VGA & Monitor komputer saya dengan baik untuk resolusi tinggi (1024 x 786). Padahal untuk distro lain hanya SimplyMepis yang mampu untuk mengenalinya(Knoppix 3.9, Mandriva 2005, Fedora Core 4, Ubuntu 5.04 ga ada yg bisa, pesennya Monitor Out Of Range).

KDE yang digunakan versi 3.4.2, tampilan sudah sangat bagus, booting awal sudah menggunakan bootspash, sehingga kita tidak disajikan tampilan text saja.

Hal yang paling saya suka dari suatu distro adalah adanya Control Center, di openSuSE ini ada yang namanya YaST2 (YaST untuk konsole). Dengan YaST kita dapat mengkonfigurasi hampir semua kebutuhan Sistem Operasi, sehingga akan lebih memudahkan kita untuk mengaturnya.

OK. Silahkan dicoba deh… pasti Puass….

3 Responses

  1. belum nyoba. di sini linux masih gerilya. KSL di UNS aja baru mulai aktif. Tapi di sini baru ngenalin Kubuntu yang baru. Mana gagal instal lagi kemaren. Errornya seh kalo gak salah soal relogin yang gagal. Ntah napa, yang jelas menurut terjemahannya rada nyrempet2 ke burn speed yang terlalu tinggi. instal ulang? tetep aja gagal. stop deh. kapan2 nyoba lagi.

  2. aris

    Relogin yg gagal? Udah selesai install pa blom?

    Burn speed berpengaruh kalau CDROM komputer tersebut keluaran lama, jadi amannya burning CD make speed

Leave a Reply