Home > Teknologi > Laptop Acer Gratis

Beberapa minggu ini e-mail saya di penuhi oleh tawaran-tawaran yan menggiurkan. Mulai dari iming-iming menjadi Jutawan ribuan dollar setiap bulannya, sampai tawaran untuk mendapatkan barang gratisan berupa laptop maupun PDA.

Dari sekian banyak email-email tersebut yang paling banyak hits nya adalah tawaran untuk mendapatkan Laptop Acer seri 2700. Ketika saya coba cek harga untuk laptop seri tersebut adalah sekitar $949, itu untuk seri 2702 WLCi, sedangkan untuk seri 2701 WLCi harganya $1099.

E-mail tawaran tersebut hampir tiap hari saya terima dari berbagai mailing list lebih dari 5 buah email. Metode yang digunakan termasuk metode yang sering digunakan untuk mengirimkan HOAX, yaitu dengan mereferensikan alamat URL tertentu kepada orang lain sebanyak-banyaknya. Dari URL tersebut seseorang yang direferensikan harus mendaftarkan diri (sign-up) untuk menjadi member. Dengan menjadi member maka dia akan mendapatkan URL yang berbeda dari pe-referensi-nya. Dan URL tersebut digunakan untuk mereferensikan kepada orang lain. Apabila Anda telah mendapatkan member sebanyak 18, berdasarkan aturannya maka anda dapat me-request laptop yang dimaksud. Tapi….

Tapi…sebelumnya Anda harus mengirimkan uang sekitar Rp. 400.000,- begitu juga untuk ke-18 orang member yang telah Anda dapatkan. Dengan begitu Anda akan mendapatkan sebuah laptop. Apabila di hitung-hitung 19 * Rp. 400.000,- sekitar Rp. 7.600.000,-. Belum tentu pula setelah semua syarat terpenuhi, maka Anda akan langsung dapet laptop, mungkin juga malah Anda dicuekin.
🙁

Kalau dilihat dari harga sebenarnya dari produk tersebut yang sekitar $949 (sekitar 9.205.300,-) maka dari penyedia barang akan rugi sekitar Rp. 1.605.300,- untuk setiap orang nya. Kalau yang berpotensial mendapatkan adalah 100 orang maka tinggal Anda hitung sendiri kerugiannya.

Pesan buat Anda-Anda yang suka berpetualang di Internet:
– Berhati-hatilah dengan tawaran-tawaran yang menggiurkan.
– Tidak ada barang yang gratis, semua ada konpensasi-nya.
– Tetap semangat!

4 Responses

  1. Ya… Saya juga banyak nerima email2 tawaran seperti itu… yang juga berbuntut semacam MLM atau HOAX atau SCAM atau hal2 lainnya…

    YAng bikin sedih sich, kok banyak yah orang2 yang termakan dengan mudahnya terhadap tawaran2 yang ngga jelas seperti itu…

    Hati ini jadi teriris melihatnya.. hiks… 😛

  2. aris

    betul2, perlu diingat juga bahwa di Indonesia sudah seperti budaya untuk hal-hal yang mudah. Pingin dapet duit banyak pake pesugihan, dateng ke dukun trus minta digandain duitnya, dll. Nah budaya seperti ini terbawa juga sampai alam Maya (baca: internet).
    Padahal semua itu sekali lagi punya imbal balik nya. Kalau kita kerja keras banting tulang, tentunya kita akan dapet hasil yang bagus, tetapi kalau cuma kirim spam2 ginian, ya ujung-ujungnya akan kena TIPU. :))

Leave a Reply