Home > Teknologi > Layanan Email POP3 Yahoo berbahasa Indonesia

Layanan Email POP3 Yahoo berbahasa Indonesia

Pagi ini saya baru tahu kalau yahoo telah meluncurkan Free E-Mail yang menggunakan domain dari Indonesia, Situs tersebut adalah mail.yahoo.co.id.

Sebetulnya domain yahoo.co.id sudah ada sejak pertengahan tahun 2004, ini dibuktikan bahwa domain tersebut sudah di pantau oleh NetCraft sejak 8 Juni 2004. Untuk tanggal pastinya saya tidak dapat memperoleh datanya (sudah korek sana korek sini tapi tidak ketemu). Sedangkan untuk subdomain mail.yahoo.co.id tidak diketahui kapan mulai beroperasi.

Layanan yang ada pada Yahoo versi Indonesia hampir sama dengan Free E-Mail buatan yahoo yang lain (baca: Local Yahoo). Layanan ini menyediakan fitur tambahan yang membedakan dengan email pada @yahoo.com yaitu dapat melakukan POP3 dan juga Mail Forwarding. Untuk spesifikasi yang lain sama persis dengan @yahoo.com (space 1GB, SpamGuard, dll). Hal yang menurut saya sedikit lucu adalah penggunaan Bahasa Indonesia yang membuat bingung. Bingung? Atau mungkin karena keseringan membaca caption-caption yang berbahasa Inggris ya? Atau memang saya tidak memahami Bahasa Indonesia dengan Benar?

Oh iya, perlu diketahui bahwa yahoo.com menggunakan sistem member yang terpusat, jadi tidak mungkin terdapat duplikasi username seperti nama@yahoo.com dengan nama@yahoo.co.id. So, kalau Anda-anda menginginkan mendaftar di @yahoo.co.id dan telah memiliki account di @yahoo.com maka dengan terpaksa Anda harus membuat username yang baru.

Leave a Reply