Home > Teknologi > Layanan Email POP3 Yahoo berbahasa Indonesia

Layanan Email POP3 Yahoo berbahasa Indonesia

Pagi ini saya baru tahu kalau yahoo telah meluncurkan Free E-Mail yang menggunakan domain dari Indonesia, Situs tersebut adalah mail.yahoo.co.id.

Sebetulnya domain yahoo.co.id sudah ada sejak pertengahan tahun 2004, ini dibuktikan bahwa domain tersebut sudah di pantau oleh NetCraft sejak 8 Juni 2004. Untuk tanggal pastinya saya tidak dapat memperoleh datanya (sudah korek sana korek sini tapi tidak ketemu). Sedangkan untuk subdomain mail.yahoo.co.id tidak diketahui kapan mulai beroperasi.

Layanan yang ada pada Yahoo versi Indonesia hampir sama dengan Free E-Mail buatan yahoo yang lain (baca: Local Yahoo). Layanan ini menyediakan fitur tambahan yang membedakan dengan email pada @yahoo.com yaitu dapat melakukan POP3 dan juga Mail Forwarding. Untuk spesifikasi yang lain sama persis dengan @yahoo.com (space 1GB, SpamGuard, dll). Hal yang menurut saya sedikit lucu adalah penggunaan Bahasa Indonesia yang membuat bingung. Bingung? Atau mungkin karena keseringan membaca caption-caption yang berbahasa Inggris ya? Atau memang saya tidak memahami Bahasa Indonesia dengan Benar?

Oh iya, perlu diketahui bahwa yahoo.com menggunakan sistem member yang terpusat, jadi tidak mungkin terdapat duplikasi username seperti nama@yahoo.com dengan nama@yahoo.co.id. So, kalau Anda-anda menginginkan mendaftar di @yahoo.co.id dan telah memiliki account di @yahoo.com maka dengan terpaksa Anda harus membuat username yang baru.

127 Responses

  1. Jaka s

    bapak2 yang baeek….adakah yang tahu cara setting pop3 nya untuk mail yahoo indonesia…saya sudah gunakan cara yang biasa tapi tetep gak bisa….
    pesen erornya : password rejected by server
    adakah yang bisa membantu saya…..

    untuk settingan di macos X juga sama erornya
    HELP ME!!!
    oh iya email saya Psycho_jackaal@yahoo.com

    terima kasih
    jaka

  2. Aris Priyantoro

    Pastikan Opsi untuk Akses Web & POP sudah dipiih. Lokasinya ada di Opsi -> Akses & Penerusan POP

    Terus jangan lupa di simpan.

  3. wakakakaka… ternyata.. kita sama2 gagap teknologi, bang aku juga gak bisa konek N9300 ke e-mail aku.. setiap retrieve.. selalu gagal.., ada solusi ?
    panduan dah dikutin, HP gwe tetap gagap ..kek orangnya)

  4. Aris Priyantoro

    Seperti komentar saya di nomer 22. Pastikan bahwa account email Anda di yahoo.co.id sudah di set untuk mengijinkan akses POP3.

    Cara nge-set nya, masuk dahulu ke webmail yahoo.co.id, login dan ikuti langkah nomer 22.

  5. aloy

    saya mempunyai email yahoo.com kemudian saya ingin sekali mengaktifkannya dengan outlook 2007 saya, beberapa kali saya coba namun tidak bisa juga. tolong dong dikasi tau gimana configuration dengan email yahoo, tolong dikirim ke email saya ya, aloy_the_boss@yahoo.com, sebelumnya saya ucapkan terima kasih

  6. Aris Priyantoro

    Setahu saya kalau email @yahoo.com harus membayar agar dapat ditarik ke komputer menggunakan pop3.
    Tetapi katanya kalau menggunakan IMAP4 bisa (saya belum coba). Konfigurasinya sebagai berikut:

    account name : yahoo
    mail service : other
    protocol :imap

    username : userid e-mail anda
    password : password e-mail anda

    email address : userid@yahoo.com
    incoming mail server : imap.n.mail.yahoo.com
    outgoing mail server : smtp.mobile.mail.yahoo.com

  7. pol_text

    outgoing smtp nya sudah diganti dengan 587 tapi tetep tidak bisa kirim email dari outlook

    bagaimana caranya pls…….

  8. Ibnu Syawai

    Saya pernah coba dan berhasil caranya kita harus memang masuk dulu ke email kita (yahoo.co.id)tsb. lalu cari menu “opsi” di kanan atas webpage, kemudian klik di kolom kanan “akses dan penerusan POP”, isi point “akses web&pop” kemudian simpan.
    Langkah berikutnya masuk ke outlook express dan klik menu tools -> account
    isi incoming mail pop3 : pop.mail.yahoo.co.id dan outgoing mail smtp : smtp.mail.yahoo.co.id
    account name dan password seperti biasa isi semua (incoming & outgoing ) contengan authentication
    Pada menu connection isi jenis koneksi kita(sudah tertera), lanjut ke menu advanced isi port outgoing smtp : 465 dan incoming Pop3 : 995, klik Apply dan ok lalu close…selamat mencoba Kawan 🙂

  9. melisya

    saya udah pake domain ini. malah yahoo.com jg, hehe. gm cr setting pop3 di yahoo? sama kayak yg lain, saya dah bisa krm email lwt hp (nokia n73)tp gak bisa retrieve. kasih solusi ya…

Leave a Reply