Home > Teknologi > Layanan Email POP3 Yahoo berbahasa Indonesia

Layanan Email POP3 Yahoo berbahasa Indonesia

Pagi ini saya baru tahu kalau yahoo telah meluncurkan Free E-Mail yang menggunakan domain dari Indonesia, Situs tersebut adalah mail.yahoo.co.id.

Sebetulnya domain yahoo.co.id sudah ada sejak pertengahan tahun 2004, ini dibuktikan bahwa domain tersebut sudah di pantau oleh NetCraft sejak 8 Juni 2004. Untuk tanggal pastinya saya tidak dapat memperoleh datanya (sudah korek sana korek sini tapi tidak ketemu). Sedangkan untuk subdomain mail.yahoo.co.id tidak diketahui kapan mulai beroperasi.

Layanan yang ada pada Yahoo versi Indonesia hampir sama dengan Free E-Mail buatan yahoo yang lain (baca: Local Yahoo). Layanan ini menyediakan fitur tambahan yang membedakan dengan email pada @yahoo.com yaitu dapat melakukan POP3 dan juga Mail Forwarding. Untuk spesifikasi yang lain sama persis dengan @yahoo.com (space 1GB, SpamGuard, dll). Hal yang menurut saya sedikit lucu adalah penggunaan Bahasa Indonesia yang membuat bingung. Bingung? Atau mungkin karena keseringan membaca caption-caption yang berbahasa Inggris ya? Atau memang saya tidak memahami Bahasa Indonesia dengan Benar?

Oh iya, perlu diketahui bahwa yahoo.com menggunakan sistem member yang terpusat, jadi tidak mungkin terdapat duplikasi username seperti nama@yahoo.com dengan nama@yahoo.co.id. So, kalau Anda-anda menginginkan mendaftar di @yahoo.co.id dan telah memiliki account di @yahoo.com maka dengan terpaksa Anda harus membuat username yang baru.

127 Responses

  1. Wah gmn siyh Bapak ini… Saya sudah denger ada mail.yahoo.co.id dah dr awal taun kmrn je….

    Untuk penguasaan Bahasa Indonesia, Saya rasa Bapak emang blm jago dech… :-p

    Ada joke menggelitik tentang terjemahan bahasa IT ke Bahasa Indonesia, coba nanti Saya post di milist aja yach… 😀

    Salam,
    Handi

  2. aris

    Wah-wah-wah berarti saya telat sekaleeeeeeeee.

    Perlu kursus Bahasa Indonesia nih. Dimana yah yang menyediakan kursusan Bahasa Indonesia?

  3. sibah

    Kepada Yth, Bapak Administrator di Mail Yahoo.co.id, atau Bapak2 yang lain, kiranya ada yang tahu POP3 nya mail yahoo.co.id, tolong dong kirim email ke bsuni@plnjaya.co.id atas bantuannya diucapkan terima kasih.

  4. arif wardoyo

    pengasuh terhormat, saya sangat senang ada yahoo yang domainnya dari indonesia. yang salah satu firutrnya ada layanan POP3, yang mau saya tanyakan bagaimana caranya menyamakan email di Mic. Outlook dengan email yg di yahoo itu?. terimakasih sebelumnya

  5. EDI SUPRAYITNO

    DH,
    pak saya mau nanya gimana setting email POP3 untuk outlook saya coba kok selalu gagal.
    cara setting email di nokia 9500 comunicator
    lewat yahoo.

    thanks

  6. Tolong dong yang punya setting email di 9500. Aku dah bisa kirim tapi ga bisa retrieve email dari hp. kalau mo retrieve ada tulisan email account has been idle for user-specified time. Tolong dibantuin bagi siapa aja yang bisa. trims berat sebelumnya

  7. syaiful

    pak sy mw tanya ttg setting POP3 di hp sya. sy menggunakan nokia 9300i dgn account yahoo indonesia,sy sudah mencoba setting dgn menggunakan app setting wizard ataupun manual,tp ketika mw sending muncul box dialog yg katanya “error sending”
    plz…bantu saya karena sy membutuhkannya
    thx a lot…

  8. aris

    Setting Account POP3 untuk yahoo.co.id

    Connect using = gprs yang anda pakai
    Protokol = POP3
    Incoming server = pop.mail.yahoo.com
    Outgoing server = smtp.mail.yahoo.com
    Mailbox = username anda di yahoo
    Password = password anda di yahoo
    Email addres = [email anda]@yahoo.co.id

    Untuk mobile, pastikan koneksi gprs sudah bisa digunakan. 🙂

  9. Azis

    Tolong aku diberi tahu setting Email POP3 yahoo.co.id di Outlook. Aku sudah coba tapi setelah keluar Kotak dialog Enter Network Password. Password dan Username sudah ada dan aku klik OK tapi kotak itu muncul lagi, Gimana Nich ? Tolong donk. Trim’s untuk yang ngasih solusi

  10. Abdi Permana

    para pakar maniak mail tolong donk, gimana seting pop3 yahoo.co.id habis bingung neh. ( maklum masih belajar ) gt loh pless bantu ya